Menteri Muhadjir Tak Akan Sanksi Siswa yang Ikut Demo

- Jumat, 27 September 2019 | 20:50 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
(photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya tidak akan memberikan sanksi pada siswa yang ikut aksi unjuk rasa atau demo pada Rabu (25/9) lalu.

"Pendidikan tidak main sanksi, kalau pemberian sanksi namanya bukan pendidikan," ujar Mendikbud Muhadjir usai menjenguk siswa korban unjuk rasa di RSAL Dr Mintohardjo, Jakarta, Jumat.

Walau begitu, Muhadjir meminta para guru, kepala sekolah dan orang tua agar lebih waspada dan berhati-hati. Diharapkan agar mereka jangan sampai tak tau keberadaan anak siswa tersebut.

Dalam kesempatan itu, Mendikbud menjenguk sejumlah korban dalam peristiwa unjuk rasa yang berlangsung ricuh tersebut. Para korban yang masih berstatus siswa SMP dan SMK itu dirawat di rumah sakit itu.

Dia menanyakan pada siswa yang sedang dirawat mengenai kondisi mereka dan bagaimana bisa sampai ikut aksi demo.

Seorang siswa SMK Yapimda Jakarta, FA, mengatakan ikut demo karena adanya ajakan dari akun media sosial Instagram (IG), yang mengajak untuk datang ke gedung DPR untuk deklarasi pelajar se-Jabodetabek.

Siswa itu dan teman-temannya berangkat ke DPR tanpa seizin dari guru. Ia berangkat dengan menggunakan transportasi umum untuk ikut aksi unjuk rasa.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X