Langka, NASA Bagikan Suara Gempa yang Terjadi di Planet Mars

- Rabu, 16 Oktober 2019 | 23:20 WIB
(photo/NASA)
(photo/NASA)

Selain di Bumi, gempa juga terjadi di planet Mars dan juga Bulan. Nah, baru-baru ini NASA membagikan suara atau bunyi gempa yang terjadi di planet Mars. Gempa di planet merah itu terjadi pada bulan April 2019 lalu.

Suara gempa itu diabadikan oleh NASA agar didengar oleh banyak orang di Bumi.

NASA mempercepat sonifikasi dan sedikit melakukan modifikasi supaya suara gempa terdengar dengan jelas di telinga manusia.

NASA mencatat, gempa terjadi sebanyak 2 kali, yakni pertama berkekuatan 3,7 dan gempa kedua terjadi pada 25 Juli 2019 dan berkekuatan 3,3.

Gempa ini direkam oleh misi InSight NASA berkat instrumen yang disebut Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS).

 

 

Sekedar informasi, SEIS dikembangkan oleh Badan Antariksa Perancis, Centre National d'Études Spatiales, yang secara khusus diciptakan untuk mempelajari getaran di Mars.

"Sangat menyenangkan mendengar getaran pertama yang terjadi di Mars lewat InSight," ucap Constantinos Charalambous, anggota tim sains InSight di Imperial College London, sebagaimana dilansir laman IFL Science.

Supaya bisa didengar oleh banyak orang, NASA mengabadikan 2 suara gempa di Mars, yakni gempa pertama dan kedua.

Suara gempa itu dibagikan ke platform SoundCloud dengan durasi masing-masing 46 detik da 15 detik.

Ternyata, sinyal potensi gempa ini bukan pertama kali terekam oleh InSight. Menurut sebuah laporan, terdapat 3 peristiwa serupa yang pernah terekam SEIS, yakni pada tanggal 14 Maret, 10 April, dan 11 April.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X