Tito Karnavian Berhenti Jadi Kapolri, Siapa Calon Pengganti?

- Selasa, 22 Oktober 2019 | 17:23 WIB
Jenderal Pol Tito Karnavian tak lagi berstatus sebagai Kapolri. (Antara/Wahyu Putro A)
Jenderal Pol Tito Karnavian tak lagi berstatus sebagai Kapolri. (Antara/Wahyu Putro A)

Jenderal Pol Tito Karnavian resmi diberhentikan sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) setelah usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disetujui dalam Rapat Paripurna DPR, Selasa (22/10).

Kabarnya, Tito akan menempati posisi menteri atau kepala lembaga setingkat kementerian dalam Kabinet Jokowi-KH Ma'ruf Amin. 

Menarik ditunggu siapa yang akan menggantikan Tito. 

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memprediksi, Mabes Polri sudah menemukan calon pengganti Tito sebagai Kapolri. Dia adalah Ari Dono yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kapolri. 

"Posisi Plt Kapolri diperkirakan akan dipegang Ari Dono hingga masa pensiunnya Desember mendatang. Untuk kemudian posisi Kapolri nantinya akan dipegang Gatot Edi," ujar Neta. 

Jika semuanya berjalan lancar, lanjut Neta, gerbong mutasi di Polri pun akan bergerak. Kabareskrim Komjen Idam Azis diperkirakan akan menduduki posisi Wakapolri menggantikan Ari Dono.

Sementara untuk posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idam Azis, Neta memperkirakan akan diisi Irjen Gatot Edi yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya.

Sedangkan posisi Kapolda Metro Jaya ada dua calon kuat, yakni Kapolda Jabar Irjen Pol Rudi dan Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X