Kongres Sepakati Pemakzulan, Nasib Donald Trump Ditentukan Senat

- Kamis, 19 Desember 2019 | 10:15 WIB
Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi saat memberikan keterangan kepada wartawan usai voting di Gedung Capitol. (Reuters/Joshua Roberts)
Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi saat memberikan keterangan kepada wartawan usai voting di Gedung Capitol. (Reuters/Joshua Roberts)

Kongres Amerika Serikat (House of Representative) yang didominasi oleh Partai Demokrat, sepakat untuk menjatuhkan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump, dalam voting yang dilakukan di Gedung Capitol, Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (18/12) malam waktu setempat.

Dua dakwaan pemakzulan yang diajukan, disepakati dalam dua voting yang dilakukan. Dalam dakwaan penyalahgunaan kekuasaan, Kongres setuju dengan perbandingan suara 230 menyetujui, 197 menolak dan 1 abstain, dari total 435 anggota Kongres.

Dalam voting kedua, sangkaan menghalangi Kongres AS dalam menyelidiki upaya menekan Ukraina terkait penyelidikan mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang bisa menjadi pesaing Trump dalam Pemilihan Presiden tahun 2020. Kali ini, 229 suara menyetujui sangkaan ini dan 198 suara menolak.

"Kami di sini untuk membela demokrasi bagi rakyat. Jika kita tidak bertindak sekarang, kita akan terlantar dalam tugas kita. Sungguh tragis, bahwa tindakan nekat presiden, membuat pemakzulan menjadi penting," kata Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi, seperti dilansir Reuters, Kamis (19/12).

-
Pejabat Kongres Amerika Serikat. (Reuters/Tom Brenner)

 

Hasil voting tersebut menjadikan Donald Trump presiden ke tiga yang dimakzulkan oleh Kongres Amerika Serikat. Namun, untuk memastikan Trump benar-benar turun dari jabatannya, masih butuh proses panjang dan tidak mudah. 

Usai voting yang disepakati di Kongres, hasilnya akan dibahas dalam Senat Amerika Serikat dalam persidangan. Jika ingin memakzulkan Trump, perlu kesepakatan dari dua pertiga suara di Senat Amerika Serikat. Bukan hal yang mudah, mengingat Partai Republik yang berada di belakang Trump, mendominasi Senat Amerika Serikat

Dari total 100 kursi Senat Amerika Serikat, 53 kursi dikuasai oleh Republik dan 47 Demokrat. Jika ingin pemakzulan ini mulus, Demokrat memerlukan 20 suara dari Republik untuk mendukung pemakzulan Trump. Namun, hingga saat ini belum ada Senator Republik yang terindikasi akan mendukung pemakzulan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X