The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hujan meteor Geminid akan Menghiasi Langit Malam Ini
Ilustrasi/Unsplash
News

Hujan meteor Geminid akan Menghiasi Langit Malam Ini

Jumat, 13 Desember 2019 14:27 WIB 13 Desember 2019, 14:27 WIB

INDOZONE.ID - Hujan meteor Geminid akan menghiasi langit malam ini (13/12) bersamaan dengan bulan purnama. Namun, potensi cuaca mendung akan membuat beberapa jalur meteor menjadi lebih redup.

Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rorom Priyatikanto.

"Hujan meteor Geminid memiliki nama itu karena terlihat memancar dari arah rasi Gemini yang memang tampak paling jelas hari ini, dia terbit dari jam enam sore sampai jam enam pagi," kata Rorom.

Hujan meteor Geminid yang akan terjadi pada malam ini diperkirakan intensitasnya cukup tinggi dengan 60 meteor melintas per jam. Hanya saja, karena hujan meteornya bersamaan dengan bulan pernama, langit akan terlihat lebih terang.

Hal tersebut bakal membuat hujan meteor yang tampak akan turun menjadi sepertiganya dan akan terlihat melintas 20 meteor per jam. Kondisi cuaca Indonesia yang saat ini memasuki musim hujan juga membuat jalur meteor terlihat lebih redup.

Meski demikian, Rorom menyebutkan puncak hujan meteor tetap bisa dilihat dengan jelas pada tengah malam hingga lewat tengah malam nanti.

Hujan meteor diperkirakan akan terjadi di arah rasi Gemini yang pada pukul 18.00 hingga 21.00 akan berada di arah timur, jika tengah malam rasi itu akan berada tepat di atas. Sementara, lewat pukul 00.00 akan bergerak ke sebelah barat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US