HUT ke-47 KPLP, Kemenhub Bagi-bagi 150 Life Jacket ke Pelaut
Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo. (INDOZONE/Sigit Nugroho)
News

HUT ke-47 KPLP, Kemenhub Bagi-bagi 150 Life Jacket ke Pelaut

Bentuk penghargaan.

Rabu, 26 Februari 2020 15:09 WIB 26 Februari 2020, 15:09 WIB

INDOZONE.ID - Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-47. Meski sempat gonta-ganti nama, organisasi yang diresmikan pada 1973 itu tak diragukan lagi kiprahnya dalam mengamankan kedaulatan laut dan pantai Republik Indonesia. 

Peringatan HUT KPLP juga bertepatan dengan hari jadi Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PPLP) yang ke-32. Sebagai puncak peringatan HUT KPLP dan PPLP, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar upacara di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (26/2/2020). 

Bertindak sebagai inspektur upacara, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo, menyampaikan apresiasinya pada seluruh insan KPLP atas kontribusi dalam mempertahankan dan menjaga keselamatan, serta keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di perairan Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh insan KPLP, yang telah bekerja sepenuh hati dalam menjalankan fungsi penjagaan dan penegakan hukum, untuk menjamin keselamatan dan keamanan di perairan Indonesia,” kata Agus di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (26/2/2020). 

Agus juga berpesan, agar seluruh insan KPLP terus menjunjung tinggi semboyan 'Dharma Jala Praja Tama' dalam menjalankan tugas.

“Tanamkan di hati supaya kita selalu menjalankan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara,” tuturnya.

Lebih lanjut, sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan keselamatan pelayaran, pada kesempatan tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga membagikan 150 (seratus lima puluh) unit life jacket kepada insan pelayaran rakyat.

“Kami harap, life jacket ini dapat dirawat dengan baik dan digunakan sebagaimana mestinya dalam upaya mewujudkan keselamatan pelayaran, sehingga ke depannya pelayaran rakyat dapat semakin baik dan maju,” kata Agus.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga memberikan penghargaan kepda Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan atas kerja kerasnya dalam penegakan hukum di sektor maritim, khususnya tindak pidana pelayaran. Adapun dalam kurun waktu 2018 sampai dengan 2020, KSOP Tarakan menyelesaikan penyidikan hingga tahap P 21 sebanyak tiga kasus.

Agus berharap, prestasi tersebut menjadi contoh bagi seluruh kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut untuk terus bekerja dengan hati, dan mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan tugas. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Ivanrida
Sigit Nugroho
Fauzi

Fauzi

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU