Pemprov DKI Jakarta Terus Pantau Penyebaran Virus Corona

- Senin, 2 Maret 2020 | 17:24 WIB
Karyawan memakai masker saat beraktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Karyawan memakai masker saat beraktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pihaknya terus lakukan pemantauan terkait penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. Ini menyusul merebaknya virus covid-19 dan adanya dua warga negara Indonesia telah dinyatakan positif terjangkit virus tersebut.

"Pemantauan dilakukan terus-menerus oleh jajaran Dinas Kesehatan dan ini dikerjakan ada Tim Gerak Cepat yang memonitor semua potensi penularan penyakit khususnya yang terkait dengan covid-19," kata Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Senin (2/3/2020).

Anies menjelaskan, Jakarta sebagai ibu kota dan pusat kegiatan perekonomian memiliki interaksi dengan dunia internasional yang amat tinggi. Sehingga dibutuhkan upaya dan tindakan yang serius untuk mengantisipasi hingga menangani persoalan ini.

-
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memberikan penjelasan mengenai penanggulangan virus corona (Covid-19) di wilayah Jabodetabek pada jumpa pers di Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Bahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah lama membahas terkait virus corona itu.

"Karena itu kita sejak awal Januari, pertengahan Januari sudah mulai membahas mengenai kekhawatiran munculnya Covid-19 di Indonesia khususnya di Jakarta," ungkapnya.

Dia menjelaskan, saat ini Pemprov DKI Jakarta telah membentuk tim yang khusus untuk menangani virus corona di Jakarta. Tim ini terdiri dari sejumlah instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, dan lainnya.

"Tim ini akan bekerja full, memiliki base di kantor Dinas Kesehatan di jalan Kesehatan nomor 10," tuturnya.

-
Ambulance Rumah Sakit EMC Sentul, datang ke RSPI Sulianti Saroso dengan membawa Seorang Pasien diduga covid-19 sekitar pukul 10.00 WIB. Petugas ambulance dan Seorang perawat tampak mengenakan pakaian khusus. Setelah sekitar 10 menit sampai, Seorang pasien pria bertubuh tinggi Dan berkulit putih (Seperti orang asing) tampak memasuki unit Isolasi RSPI Sulianti Saroso. Dua orang petugas berpakaian khusus tampak membimbing masuk pasien pria didugas covid-19 tersebut. (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Ia menyebutkan, di DKI Jakarta ada sekitar 136 orang yang terindikasi virus corona yang dilakukan pemantauan. Dari jumlah itu, 115 orang sudah dinyatakan sehat dan sisanya 21 orang masih dipantau.

"Adapun pasien dalam (status) pengawasan, jumlahnya 39 orang yang saat ini masih dalam pengawasan. Kita semua tentu waspada. Kita semua melakukan yang terbaik," sambungnya.

Diketahui, wabah virus corona ini kali pertama diindentifikasi di Wuhan, Tiongkok beberapa waktu lalu. Sejak merebak di sana, virus ini terus menyebar ke berbagai negeri di dunia, termasuk Indonesia.

Terkini, setidaknya sudah ada dua warga negara Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X