Miris! Hampir Semua Klub Liga 2 Indonesia Terlibat Pengaturan SkorKumparan/Arfiansyah Panji Purnandaru

Miris! Hampir Semua Klub Liga 2 Indonesia Terlibat Pengaturan Skor

INDOZONE.ID - Satgas Antimafia Bola terus mengungkap kasus pengaturan skor yang mencemarkan sepak bola nasional. Aktor-aktornya mulai terbongkar berkat bantuan dan inisiatif sejumlah pihak.  Vigit Waluyo bahkan dikabarkan telah disanksi seumur hidup oleh PSSI.

Salah satu pelapor adalah Muhammad Irham, seorang wasit yang memimpin Liga 2 2018. Dia menuturkan sepanjang musim tahun lalu terus-menerus diintimidasi agar memberikan kemenangan ke pihak tertentu.

Irham bahkan menyatakan bahwa hampir semua klub Liga 2 terlibat pengaturan skor. “Ada beberapa klub yang ada, kejadian seperti itu dan dan saya pastikan banyak klub di Liga 2 hampir semua, banyak seperti itu,” kata Irham, Kamis (10/1/2019).

Intimidasi bahkan sudah dimulai sejak Liga 2 2018 dimulai. Segala bentuk intimidasi itu adalah untuk mempengaruhi hasil akhir pertandingan.

Karena itu, Irham meminta kepada semua wasit di Indonesia untuk angkat bicara dan menyampaikan kebenaran kepada Satgas. Semua ini demi persepakbolaan Indonesia yang lebih baik. Agar para suporter tidak sia-sia mendukung klub kesayangan, sementara skornya telah diatur.

Motif pengaturan skor ini bermacam-macam, mulai dari ingin lolos fase penyisihan, masuk 16 besar, sampai promosi Liga 1. Sebelumnya mantan anggota Exco PSSI Hidayat telah dinyatakan bersalah karena terbukti meminta Madura FC mengalah atas PSS Sleman.