Pemerintah Diminta Segera Sulap Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi

- Kamis, 19 Maret 2020 | 17:19 WIB
Pemerintah akan menyiapkan wisma atlet Kemayoran menjadi tempat isolasi masyarakat yang terjangkit virus corona (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A).
Pemerintah akan menyiapkan wisma atlet Kemayoran menjadi tempat isolasi masyarakat yang terjangkit virus corona (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A).

Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar Wisma Atlet yang terletak di Kawasan Kemayoran, Jakarta, dijadikan tempat Isolasi pasien terdampak virus corona (Covid-19).

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, menyatakan dukungannya terhadap upaya baik tersebut. Dia meminta pemerintah segera menyulap Wisma Atlet agar layak dihuni pasien virus corona.

"Jika memang ada rencana untuk itu, pemerintah diminta segera melaksanakannya. Mereka yang terinfeksi harus segera diisolasi dan mendapatkan perawatan. Dengan begitu, potensi penyebarannya dapat dikanalisasi," kata Saleh kepada Indozone, Kamis (19/3/2020).

Saleh menilai, publik bakal rentan tertular virus corona jika banyak pasien terdampak dirawat di luar rumah sakit. Namun, Saleh menilai wisma atlet merupakan salah satu altenatif yang sangat baik, karena tidak selalu dipakai, atau paling tidak mudah dikosongkan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan ruang isolasi.

"Mereka harus ditangani secara baik. Wisma atlet sangat cocok. Fasilitasnya bagus. Apalagi, saya dengar, wisma tersebut baru direnovasi. Wisma Atlet kan mudah dijangkau. Sehingga, mobilitas orang membawa pasien akan lebih mudah," ujar Saleh. 

Pemerintah juga diminta mencari tempat cadangan lain. Sebab, jika suatu saat Wisma Atlet penuh, harus dipastikan ada tempat penampungan yang lain.

"Semua harus ditangani. Tidak boleh ada yang merasa ditinggalkan. Lagian, pemerintah sudah berjanji akan memberikan pelayanan maksimal. Termasuk biaya pengobatan yang akan diambil dari APBN," tandasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X