The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kilas Balik Peristiwa Bersejarah Dunia 13 Januari, Apa Saja?
Ilustrasi/en.wikipedia.org
News

Kilas Balik Peristiwa Bersejarah Dunia 13 Januari, Apa Saja?

Senin, 13 Januari 2020 14:41 WIB 13 Januari 2020, 14:41 WIB

INDOZONE.ID - Setiap peristiwa terjadi menyisakan kenangan dan menjadi sejarah bagi sebagian orang. Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi tepat di hari ini yakni 13 Januari. Apa saja? Berikut rinciannya.

1. Perang Revolusi Prancis

peristiwa dunia bersejarah 13 januari
Ilustrasi/en.wikipedia.org

Pada umumnya, Perang Revolusi Prancis  dibagi antara perang Koalisi Pertama (1792-1797) dan Koalisi Kedua (1798-1801), walaupun Prancis sedang berperang dengan Kerajaan Britania Raya terus 1793-1802.

Perang ini ditandai dengan semangat revolusioner Prancis dan inovasi militer. Hasilnya, Pasukan Revolusi Prancis mengalahkan sejumlah koalisi yang menentang mereka dan memperluas kekuasaan Prancis ke Negara Rendah, Italia, dan Rheinlandia.

2. Gempa El Salvador

peristiwa bersejarah dunia 13 januari
photo/satcaweb.org

Pada 13 Januari 2001, gempa berkekuatan 7,6 SR mengguncang Republik El Salvador, Amerika Tengah. Bencana ini mengakibatkan jaringan listrik dan telepon rusak sehingga menyulitkan penyebaran informasi dan distribusi bantuan. Bandara San Salvador juga sempat tutup. Ratusan orang tewas dan lebih 4 ribu jiwa luka-luka dalam bencana itu.

3. Kapal Costa Concordia Kandas

peristiwa sejarah dunia 13 januari
photo/telegraph.co.uk

Costa Concordia merupakan sebuah kapal pesiar kelas Concordia yang dimiliki dan dioperasikan oleh Costa Cruises. Pada 13 Januari 2012, kapal ini menyita perhatian dunia setelah kandas di lepas pantai Isola del Giglio, Italia, yang mengakibatkan 4.000 orang dievakuasi. Sedikitnya 25 orang tewas, 42 luka-luka, dan 7 orang masih belum diketahui.

4. Penemuan Satelit Callisto oleh Galileo

peristiwa sejarah dunia 13 januari
Ilustrasi/pinterest.com

Galileo Galilei, astronom dan fisikawan Italia menemukan satelit planet Jupiter bernama Callisto pada tahun 1610. Callisto merupakan satelit terbesar ketiga di Tata Surya dan terbesar kedua di sistem Jupiter setelah Ganymede.

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US