6 Rekor Smash Bulutangkis Terkencang di Dunia

- Jumat, 21 Juni 2019 | 17:39 WIB
Instagram/ratchanokmay /leechongweiofficial
Instagram/ratchanokmay /leechongweiofficial

Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang paling banyak diminati masyarakat. Ini terbukti dari antusiasme orang ketika menyaksikan pertandingan bulutangkis, baik langsung maupun melalui televisi.

Selain tertarik menonton pertandingannya, pun masyarakat juga ingin melihat aksi atlet favoritnya. Salah satu yang ditunggu-tunggu para pecinta bulutangkis adalah pukulan smash dari pebulutangkis andalan mereka.

Bicara soal pukulan smash, berikut ini 6 pebulutangkis yang memecahkan rekor smash tercepat di dunia. Siapa saja ya mereka? Yuk, simak yang satu ini:

1. Lee Chong Wei (Malaysia)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Datuk Wira Lee Chong Wei (@leechongweiofficial) on

Sejauh ini, rekor smash tercepat kategori tunggal putra masih dipegang oleh Lee Chong Wei dari Malaysia. Pemain tunggal putra ini memiliki rekor 408 kilometer/jam di saat berlaga di Hong Kong Open 2015. Rekor yang disabet Lee Chong Wei ini telah diakui oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan masuk ke Guinness World Records.

2. Fu Haifeng (China)

-
Twiter/@BadmintonNow

Mantan atlet bulutangkis asal China ini pernah tercatat sebagai peraih rekor smash tercepat di dunia. Kecepatan pukulan smash Haifeng yaitu 332 kilometer/jam di ajang Piala Sudirman 2005. Haifeng lebih dulu tercatat dalam Guinness World Records.

3. Mohammad Ahsan (Indonesia)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mohammad Ahsan (@king.chayra) on

Tanah Air tidak ketinggalan dengan kehebatan para atletnya, termasuk pebulutangkis Mohammad Ahsan. Ahsan memiliki catatan yang membanggakan dunia bulutangkis di Indonesia dan dunia. Pemain ganda putra Indonesia yang berpasangan dengan Hendra Setiawan ini pernah mencetak rekor smash dengan kecepatan 385 kilometer/jam di Semifinal French Open 2015.

4. Mads Pieler Kolding (Denmark)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mads Kolding (@m_kolding) on

Pebulungtakis asal Denmark ini merupakan pemain ganda putra. Pada 2016, dia memenangkan medali emas di Kejuaraan Eropa. Dia juga bagian dari tim nasional Denmark yang memenangkan Piala Thomas. Kolding pernah mencatatkan kecepatan smash 426 kilometer/jam saat tampil di Premier Badminton League yaitu Liga Bulutangkis India pada edisi 2017. Rekornya itu juga tercatat di situs Guinness World Record.

5. Ratchanok Intanon (Thailand)

Atlet asal Thailand ini pernah memegang gelar Juara Dunia tahun 2013 di nomor tunggal putri. Itu juga mencatatkannya dalam sejarah dunia sebagai pemain termuda yang menjadi juara dunia. Pebulutangkis berusia 24 tahun yang biasa dipanggil May ini pernah mencatatkan rekor smash tercepatnya yaitu 372 kilometer/jam saat tampil di Malaysia Open 2016.

6. Carolina Marin (Spanyol)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Carolina Marin (@carolinamarin) on

Carolina Maria Marin Martin adalah pemain bulu tangkis yang berasal dari Spanyol. Dia bermain di nomor tunggal putri. Marin merupakan mantan pemain tingkat 1 dunia selama 66 minggu. Saat ini, dia berada pada peringkat 2 dunia versi BWF. Dia peraih medali emas pada Olimpiade Rio 2016 di Brazil dan berhasil menjadi juara dunia sebanyak tiga kali di tahun 2014, 2015, dan 2018. Catatan rekor smash yang pernah diraih Marin yaitu 356 kilometer/jam pada ajang All England 2016.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X