Begini Langkah Polri Antisipasi Aksi May Day di Tengah Pandemi Corona

- Kamis, 30 April 2020 | 09:13 WIB
Anggota kepolisian bersiap melakukan patroli keamanan saat pandemi corona (Covid-19) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. (ANTARA/Reno Esnir)
Anggota kepolisian bersiap melakukan patroli keamanan saat pandemi corona (Covid-19) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. (ANTARA/Reno Esnir)

Mabes Polri sudah dengan tegas tidak mengeluarkan surat izin aksi keramaian khususnya aksi peringatan hari buruh atau May Day di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Namun, polisi tetap menyiapkan langkah antisipasi keamanan saat May Day.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan berkerja seperti biasa dengan tetap melakukan patroli di titik-titik objek vital lainnya.

"Polisi tetap kerja seperti biasa di lokasi masing-masing, ada di polda, polres, Gedung DPR dan objek vital lainnya," kata Argo saat dihubungi Indozone, Kamis (30/4/2020).

Lebih jauh, Argo meyakini, tidak akan ada massa buruh yang tetap menggelar aksi May Day. Sebab, pimpinan federasi buruh yang ada akan menggelar acara lain saat May Day di tengah pandemi corona.

"Majelis Pekerja Buruh Indonesia sudah memutuskan tidak melakukan aksi demonstrasi May Day seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkap Argo.

Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) itu diketahui merupakan gabungan dari tiga serikat konfederasi buruh terbesar di Indonesia seperti KSPSI pimpinan Andi Gani, KSBSI pimpinan Ely Rosita dan KSPI pimpinan Said Iqbal. Tiga konfederasi serikat buruh itulah yang sering melakukan aksi demonstrasi besar-besaran.

MPBI dikatakan Argo rencananya akan menggelar acara bakti sosial untuk mengganti acara demonstrasi May Day. Bakti sosial itu berkaitan dengan situasi pandemi virus corona.

"MPBI rencananya akan buat bakti sosial membagikan APD untuk tenaga medis dan masker, hand sanitizer untuk masyarakat," pungkas Argo.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X