Anies Baswedan Tak Mau Ada yang Terlantar dan Tidur di Jalan karena Corona

- Selasa, 28 April 2020 | 13:43 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini sudah bergerak dan melakukan operasi untuk memantau warga atau orang-orang yang berkumpul di pinggir jalan. Bahkan mereka yang terpaksa tidur di jalanan.

Mereka yang terjaring operasi akan dibawa ke tempat tinggal sementara yang telah disediakan Pemprov DKI. Mereka akan dikumpulkan di Gedung Olahraga (GOR).

"Yang jelas, jangan sampai mereka terlantar di jalan, mereka adalah warga Indonesia, KTP-nya Bandung, tanggungjawab kita adalah memastikan kesejahteraan mereka terjamin, mau warga mana pun ini adalah prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ketika mengunjungi GOR Tanah Abang, dalam video akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Anies menuturkan, salah satu contoh yang terjaring operasi ialah warga Kabupaten Bandung dan kini sudah di GOR Tanah Abang, Jakarta Pusat. Menurutnya, hal ini sering terjadi setiap tahun karena banyak warga yang ingin mendapatkan sedekah dari para darmawan di bulan Ramadan ini.

Mereka yang diangkut ke GOR merupakan bagian dari tanggungjawab pemerintah terhadap warga negara.

"Intinya adalah jangan sampai ada yang terlantar di jalan, kita akan operasi terus kalau ada yang berkerumun diangkut," ujarnya.

Dia menegaskan, pihaknya akan menindak tegas orang-orang atau warga yang berkumpul di pinggir jalan selama berlaku PSBB di wilayahnya.

"Kebijakannya, semua yang berada di pinggir jalan, berkumpul diangkat, semua akan dimasukkan ke GOR minimal 24 jam," tuturnya.

Ia menambahkan, mereka yang terjaring dalam operasi dan dibawa ke GOR yang sudah disediakan Pemprov DKI Jakarta akan diperiksa dan didata. Karena itu ia meminta jangan ada lagi yang berkerumun atau berkumpul di pinggir jalan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Jadi tidak ada lagi orang yang berkerumun di pinggir jalan, kalau Anda berkerumun akan diangkat, dimasukan ke GOR," tutupnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X