Segera Lakukan Heimlich Maneuver Ketika Melihat Orang Tersedak
Teen Kids News
News

Segera Lakukan Heimlich Maneuver Ketika Melihat Orang Tersedak

Zega
Rabu, 17 Juli 2019 11:09 WIB 17 Juli 2019, 11:09 WIB

Jangan anggap sepele dengan tersedak. Meski terlihat sepele, tersedak bisa memotong asupan oksigen ke otak dan membahayakan nyawa. Karena itu, saat melihat ada orang tersedak sebaiknya kamu langsung melakukan Heimlich maneuver.

Gejala awal orang tersedak adalah mencengkeram tenggorokan dengan kedua tangan. Mereka juga akan sulit berbicara, batuk, dan bernapas. 4-6 menit jika kondisi ini dibiarkan, maka otak mulai rusak karena tak mendapat oksigen.

Inti dari Heimlich maneuver adalah menghasilkan tekanan di perut dan dada korban sehingga objek yang tersangkut bisa terdorong keluar. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan ke orang yang masih sadar. Berikut caranya:

1. Berdiri di belakang korban dan lingkarkan kedua tangan di sekitar pinggangnya seperti posisi memeluk. Jika korban berdiri, tempatkan salah satu kakimu di antara kedua kakinya supaya bisa menyangga saat korban seandainya pingsan.

2. Kepalkan salah satu tangan Anda dan pastikan ibu jari masuk ke dalam kepalan. Letakkan kepalan sedikit di atas pusar tapi masih di bawah tulang dada. Genggam kepalan Anda dengan rapat dengan tangan satunya.

3. Kemudian sentakkan kepalan kuat-kuat ke dalam perut dengan keras dan cepat, mengarah ke atas. Ulangi prosedur ini beberapa kali sampai objek terlepas dari korban. Jika sudah mencoba dan masih tak berhasil, segera panggil petugas medis.

Contoh penyelamatan orang tersedak dengan Heimlich maneuver ditunjukkan oleh pria bernama Vasilis Patelakis ini. Dia berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria yang mengalami tersedak saat makan.

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Zega

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE