Melihat Deretan Mobil Kepresidenan Indonesia Dari Masa Ke Masa

- Jumat, 23 Agustus 2019 | 16:06 WIB
Antara News/Alvoansyah Pasarib/Hanni Sofia Soepardi
Antara News/Alvoansyah Pasarib/Hanni Sofia Soepardi

Mobil menjadi salah satu tarnsportasi yang banyak digunakan orang-orang termasuk juga presiden. Mobil dengan plat RI 1 adalah kendaraan resmi yang digunakan oleh Presiden RI.

Mobil presiden memiliki spesifikasi yang aman dan standar keselamatan yang berbeda demngan mobil lainnya. Penasaran gimana mobil presiden RI dari masa ke masa? Berikut ini ulasannya.

1. Soekarno

-
ANTARA News/Alviansyah Pasarib

Presiden Pertama RI Soekarno, menggunakan mobil buatan Amerika Serikat, Buick-8. Mobil milik Presiden Soekarno ini diketahui merupakan tipe Limited-8, yang dibuat pada 1939. Di zamannya, mobil Buick-8 bukan mobil biasa, mobil ini dikenal sebagai mobil tangguh karena menggunakan mesin 5.247 cc.

2. Soeharto

-
germancars

 

Pada masa kepimpinan Soeharto, ada beberapa mobil kepresidenan yang digunakan salah satu yang paling terkenal ialah Mercedes-Benz 500SEL. Mobil lansiran tahun 1987 itu memiliki nomor polisi mobil yang sempat berubah dari B1 jadi RI-1.

Pada masanya, mobil ini memiliki spesifikasi keamanan yang sama dengan pemimpin dunia, mulai dari Presiden Bill Clinton hingga Ratu Elizabeth II.

3. BJ Habibie, Abdurahman Wahid dan Megawati

-
Bring a Trailer

Pada tahun 1994 Soeharto mengganti mobil kepresidenan menjadi Mercedes-Benz S600 yang selanjutnya digunakan oleh presiden ke-3 RI BJ Habibie, Abdurahman Wahid dan Megawati.

4. Presiden SBY dan Jokowi

-
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Era pemerintahan SBY dan Jokowi, mobil yang digunakan sebagai mobil kepresidenan ialah mobil Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini dilengkapi dengan lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi dari sebuah mobil.

Uniknya, saat mobil ini kempes atau bocor, ban mobil masih dapat lari sejauh 60 kilometer.  Dan yang tak kalah hebatnya, meski memiliki bobot mencapai 4.200 kilogram, mobil ini mampu melesat dengan kecepatan puncak 210 km/jam.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X