Disebut Menteri Andalan, Ini Sederet Pujian Jokowi untuk Erick Thohir

- Rabu, 11 Januari 2023 | 20:45 WIB
Presiden Jokowi (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) (Instagram/@erickthohir)
Presiden Jokowi (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) (Instagram/@erickthohir)

Ada kejadian menarik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Pasar Bawah, Kota Pekanbaru, Riau, pada Rabu (4/1/2023). Saat itu, di tengah kerumunan warga, Presiden Jokowi secara khusus memanggil Menteri Erick Thohir yang sedang bersama sejumlah menteri lain untuk mendekat. 

"Sudah kenal dengan menteri andalan saya, belum," tanya Jokowi kepada masyarakat setelah Erick mendekat. 

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan Komitmen Perbaikan Sepak Bola Tanah Air

Warga di sana kemudian serentak meneriakkan nama Erick Thohir. Erick sendiri turut dalam kunjungan presiden untuk memastikan sektor UMKM yang menjadi kekuatan ekonomi nasional tetap tumbuh setelah pemerintah mencabut status PPKM yang sebelumnya membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. 

Seperti diketahui, Kementerian BUMN yang dipimpin Erick meluncurkan program untuk mendukung UMKM melalui bank Himbara seperti BRI, Mandiri, BNI, dan BSI. 

Itu bukan pertama kalinya Presiden Jokowi memuji kinerja Erick Thohir. Berikut sejumlah apresiasi Presiden Jokowi untuk Erick Thohir. 

1. Apresiasi karena Mencopot Dirut Garuda 

Seperti diketahui, Erick Thohir memulai tugasnya sebagai Menteri BUMN sejak 23 Oktober 2019. Dua bulan setelahnya, Presiden Jokowi memuji Erick Thohir yang secara tegas mencopot Ari Askhara dari jabatan sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia lantaran ketahuan menyelundupkan motor Harley Davidson di pesawat baru Garuda, Airbus A330 -900. 

"Menteri BUMN sudah tegas sekali, sudah, itu pesan untuk semuanya, jangan main-main, sudah," kata Jokowi kepada wartawan, Jumat (6 Desember 2019). 

Baca Juga: Erick Thohir dan Kampanye Minyak Makan Merah

2. Apreasiasi karena Bongkar Korupsi di BUMN

Apresiasi untuk Erick Thohir juga disampaikan Presiden Jokowi dalam sidang tahunan MPR, DPR dan DPD pada 16 Agustus 2022. Saat itu, Jokowi mengapresiasi pemberantasan korupsi yang terjadi  BUMN. Jokowi bilang, korupsi besar di BUMN telah berhasil dibongkar. 

"Korupsi besar di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda, berhasil dibongkar dan pembenahan total telah dimulai," kata Jokowi 

Erick kemudian merespon apresiasi presiden dengan mengatakan tindakan atas korupsi besar tidak sekadar memenjarakan pelaku yang terlibat. Namun, bagaimana menciptakan sistem dan integritas yang bagus sebagai bagian dari transformasi BUMN sebagai model korporasi negara yang sehat. 

BUMN sehat, kata Erick, dapat berkontribusi untuk masyarakat dan negara.

Seperti diketahui, sejak menjadi menteri BUMN pada 23 Oktober 2019, ET menggaungkan aksi bersih-bersih BUMN. Dia merombak sejumlah petinggi di jajaran direksi maupun komisaris BUMN

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X