Harapan Presiden Jokowi di Jamuan Makan Malam Pemimpin Negara ASEAN

- Rabu, 10 Mei 2023 | 20:18 WIB
Presiden Jokowi di acara makan malam bersama kepala negara delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo. (ANTARA/Gilang Galiartha)
Presiden Jokowi di acara makan malam bersama kepala negara delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan keindahan alam dan keramahan warga Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dapat mendorong para pemimpin negara ASEAN untuk mendukung terciptanya kawasan yang stabil dan damai.

"Semoga keindahan alam dan keramahan warga lokal di sini dapat mendorong kita untuk mendukung ASEAN sebagai kawasan yang damai dan stabil, serta pusat pertumbuhan," kata Jokowi dalam sambutannya saat jamuan makan malam dengan para pemimpin negara ASEAN, dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Ayana Komodo Waecicu Beach, Labuan Bajo, Rabu petang.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi ketika menyambut para pemimpin negara anggota ASEAN beserta delegasi di Labuan Bajo, yang dianggapnya sebagai salah satu tempat terindah di Indonesia.

Baca Juga: Demi Keberlangsungan ASEAN, Ini Harapan Presiden Jokowi pada Anak-anak Muda

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa tidak jauh dari lokasi jamuan makan malam, terdapat Pulau Komodo yang menjadi habitat fauna asli Indonesia, yakni komodo. 

Rangkaian jamuan makan malam para pemimpin negara ASEAN dalam KTT ASEAN 2023 diawali dengan sajian tari-tarian dari kelompok tari E-Project dan Ekosdance Company yang dikoreografi oleh Eko Supriyanto, serta musik pengiring gubahan Ronald Steven. Grup vokal GAC lalu tampil membawakan lagu "Puspa Warni" ciptaan Guruh Soekarnoputra.

Setelah itu, Presiden Jokowi berdiri di atas panggung utama dan menyampaikan sambutannya. Ia berharap kepala negara ASEAN menikmati makan malam yang telah disediakan.

"Selamat menikmati jamuan makan malam, selamat menikmati keindahan Labuan Bajo, dan selamat menikmati pertunjukan malam ini," ujar Jokowi menutup sambutannya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sapa 3 Pemimpin Negara Ini saat Buka KTT ASEAN, Siapa Saja Ya?

Sebelum jamuan makan malam, Jokowi juga mengajak para pemimpin negara ASEAN dan pendampingnya untuk menikmati momen matahari tenggelam dari atas kapal pinisi, yang berlayar ke tengah perairan Pelabuhan Labuan Bajo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X