Wapres Ingatkan Pejabat Tidak Rusak Momen Idul Fitri dengan Pamer Harta Kekayaan

- Minggu, 23 April 2023 | 11:45 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Khalis Surry)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Khalis Surry)

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak seluruh elemen masyarakat agar mengimplementasikan sikap sederhana pada perayaan Idul Fitri maupun pada hari-hari lainnya. 

Wapres juga mengingatkan agar para pejabat dan keluarganya tidak merusak perayaan Idul Fitri dengan sikap pamer harta. Sebab, sikap tersebut dapat menyakiti hati masyarakat lainnya. 

“Kepada para pejabat maupun masyarakat umum untuk tidak merusak kebahagiaan Idulfitri dengan sikap pamer-pamer seperti itu, yang tidak terpuji, bahkan bisa menyakiti orang lain,” ujar Wapres dalam siaran pers yang didapat dari Sekretariat Wakil Presiden, Minggu (23/4/2023).

“Walaupun memang di dalam wilayah itu kita suruh pakai pakaian yang baik, tapi yang baik itu ya tentu sesederhana mungkin. Saya mengajak semua pihak untuk bersikap sederhana,” imbuhnya. 

Baca Juga: Walau Ada Perbedaan Politik, Wapres Ma'ruf Amin Yakin Pemilu 2024 Tak Bikin Perpecahan

Wapres mengatakan, perayaan Hari Raya Idul Fitri harus dimaknai dalam konteks kemenangan menahan hawa nafsu yang dimiliki manusia, termasuk menahan keinginan untuk pamer harta yang dimiliki.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, kesederhanaan ini sesuai dengan nasihat sahabat Rasulullah, Ali bin Abu Thalib. Bahwa kebahagiaan itu tidak berarti harus diunjukkan dan dipamerkan. 

“Jangan bicara tentang hartamu di hadapan orang lain, jangan bicara kesehatanmu di hadapan orang yang sakit, jangan bicara kekuatanmu di depan orang yang lemah, jangan bicarakan orang yang sedih di depan orang yang bahagia, jangan bicara kebebasanmu di depan orang yang terpenjara, jangan bicara tentang anak muda di depan orang yang tidak punya anak, jangan bicara tentang orang tuamu di depan anak yatim. Ini semua akan menyakiti mereka yang tidak mempunyai apa-apa seperti yang kita miliki,” papar Wapres.

“Kesimpulannya jadi jangan memamerkan kekayaan di hadapan orang-orang yang dalam keadaan kesulitan,” tambahnya.

Baca Juga: 5 Tradisi Lebaran yang Kerap Dilakukan Warga Indonesia: Sungkem hingga Bagi-bagi THR

Lebih lanjut Wapres mengingatkan bahwa di dalam harta atau kekayaan yang dimiliki seorang individu, terdapat milik orang lain di dalamnya. Untuk itu, Wapres mengajak seluruh masyarakat untuk saling berbagi dan membantu agar perayaan Idul Fitri ini semakin dirasakan lagi kebahagiannya oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Kita boleh saja punya harta, punya kekayaan, mungkin Allah memberikan rezeki kepada kita. Tetapi sebaiknya jangan kita pamerkan, kita sederhana saja. Dan bahkan kalau bisa justru apa yang kita punya itu, kita bagikan kepada orang-orang di sekitar kita. Nabi mengatakan begitu, siapa yang di hari raya punya kelebihan, nah kelebihannya berikan kepada tetangganya,” ujar Wapres. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X