Komisi VI Tinjau Suksesnya Penyelenggaraan Kejuaraan Perahu Motor Dunia di Toba

- Senin, 27 Februari 2023 | 18:48 WIB
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat diwawancarai usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI di Toba, Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023). (Dok. DPR RI)
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat diwawancarai usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI di Toba, Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023). (Dok. DPR RI)

Komisi VI DPR RI  mengapresiasi jalannya kejuaraan perahu motor dunia atau biasa disebut F1 Powerboat alias F1H2O tahun 2023 ini yang diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara.

Kejuaraan tersebut dapat terselenggara sukses juga dengan kolaborasi Kementerian BUMN dan BUMN terkait lainnya yang bekerja sama membantu acara tersebut, serta diharapkan berdampak bagi masyarakat lokal. 

"Saya pikir dari sisi sinergisitas BUMN sudah baik. Harapannya kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung yang bertindak sebagai Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI kali ini di Toba, Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023).

Meski demikian, ia mencatat beberapa hal yang dapat diperbaiki lagi oleh kolaborasi perusahaan-perusahaan pelat merah ini. 

"Memang masih banyak kekurangan seperti sarana prasarana, konektivitas, ini sendiri tak lepas dari kapasitas Danau Toba yang masih kurang. Untuk acara internasional ini memang jadi catatan," ungkap Legislator Dapil Sumatera Utara II tersebut. Martin juga menyinggung soal koordinasi berbagai pihak agar dapat terus ditingkatkan supaya implementasinya di lapangan tidak menimbulkan kebingungan. 

Ia pun berharap acara seperti ini dapat berdampak bagi masyarakat setempat. Mulai dari awareness masyarakat terhadap Toba sebagai destinasi wisata internasional, hingga kebermanfaatan infrastruktur yang ditinggalkan pasca acara.

Misalnya peningkatan peralatan telekomunikasi oleh PT Telkom untuk mengatasi blankspot, pembangunan kantor cabang PT ASDP di tengah padatnya aktivitas transportasi air, serta penambahan ketersediaan bahan bakar di masa mendatang oleh PT Pertamina. 

"Harapannya kolaborasi ini yang sudah dibangun harus ada progresnya," pungkas Martin.

Hari ini para pembalap telah melakukan latihan bebas dalam ajang perahu motor dunia itu tadi pagi. Sementara untuk kualifikasinya ditunda sore ini lantaran faktor cuaca yang mengakibatkan ombak tinggi. (adv)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X