Terungkap Ada Peran Istri Hingga Harta Rektor UI Moncer Rp35 Miliar Cuma dalam 3 Tahun

- Senin, 29 Agustus 2022 | 20:07 WIB
Lana Soelistianingsih istri Ari Kuncoro saat ini menjabat Ketua Eksekutif LPS. (Foto/LPS)
Lana Soelistianingsih istri Ari Kuncoro saat ini menjabat Ketua Eksekutif LPS. (Foto/LPS)

Ada peran sang istri yang membuat harta kekayaan Rektor Univeristas Indonesia (UI) Ari Kuncoro sampai melonjak tajam hanya dalam tiga tahun saja bisa melonjak ke angka Rp35 Miliar.

Hal ini diungkap melalui pernyataan resmi Universitas Indonesia melalui Kepala Hubungan Masyarakat, Amelita Lusia seperti yang dihubungi Indozone, Senin (29/8/2022).

Diketahui melalui Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) milik Ari Kuncoro telah bertambah lebih dari Rp35 miliar.

Dalam pelaporan harta kekayaan yang dikirim ke LHKPN milik Ari Kuncoro digabung dengan sang istri yaitu Lana Soelitianingsih yang menjabat Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

-
Rektor UI Ari Kuncoro

 

“Ibu Lana Soelistianingsih diangkat oleh Presiden sebagai Kepala Eksekutif LPS (menggantikan Bapak Fauzi Ichsan) pada tahun 2020, berdekatan dengan Prof. Ari menjadi Rektor UI,” kata Amelita saat dihubungi Indozone, Senin (29/8/2022).

Amelita menekankan jika setiap tahun, rektor dan semua Penyelenggara Negara, serta semua Aparatur Sipil Negara di lingkungan Universitas Indonesia, melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di mana, kata dia, melalui mekanisme yang disebut sebagai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di Lingkungan Instansi Pemerintah. 

“Hal tersebut merupakan salah satu perwujudan komitmen UI untuk menghindari/mencegah korupsi dan melaksanakan prinsip-prinsip birokrasi bersih melayani,” tegasnya.

Sebelumnya Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) melalui postingan Instagram @bemui_official, menyoroti kekayaan Rektor UI, Ari Kuncoro yang dianggap terus bertambah.

BEM UI memperlihatkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), milik Ari Kuncoro pada tahun 2018 sebelum menjabar sebagai rektor sebesar Rp27.873.760.038,00.

Kemudian BEM UI melampirkan LHKPN terbaru pasa bulan 26 Maret 2022, Total harta kekayaan Ari Kuncoro yang tercatat sebagai Rektor Ul, kini telah mencapai Rp62.321.869.525,00.

Artinya, tulis BEM UI, selama menjabat kurang lebih 1000 hari lamanya menjadi rektor, harta Kekayaan Ari Kuncoro telah bertambah lebih dari Rp35 miliar.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X