Jokowi Ungkap Alasan Pilih Zulhas Jadi Mendag, Punya Pengalaman Lapangan Segudang

- Rabu, 15 Juni 2022 | 15:20 WIB
Presiden Jokowi, Zulkiffli Hasan (kiri) dan Hadi Tjahjanto (kanan). (Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi, Zulkiffli Hasan (kiri) dan Hadi Tjahjanto (kanan). (Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya memilih Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, atau yang akrab disapa Zulhas, sebagai Menteri Perdagangan dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Menurut Jokowi, Zulhas memiliki pengalaman serta rekam jejak yang dianggapnya mampu untuk menjalankan tugas sebagai Menteri Perdagangan yang sebelumnya diisi oleh Muhammad Lutfi.

“Saya lihat Pak Zul dengan pengalaman, track record, rekam jejak yang panjang, saya kira akan sangat bagus untuk Mendag,” ucap Jokowi usai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/6/2022).

“Karena sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja yang terjun lapangan, untuk melihat langsung persoalan yang utamanya berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat,” tambahnya.

Baca juga: Protes Kedatangan Polisi pada Dini Hari, Nikita Mirzani Didukung Netizen: Lawan, Nyai!

Lebih lanjut, Kepala Negara juga memberikan pesan kepada Zulhas agar selama menjabat sebagai Mendag, dapat memastikan pasokan atau kebutuhan pokok masyarakat di dalam negeri terjamin.

“Kalau urusan ekspor saya kira juga jadi urusan Mendag, tapi yang lebih penting urusan kebutuhan pokok di dalam negeri harus bisa kita jaga,” tandas Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, selain Zulhas, Jokowi juga melantik Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X