Pengamat: Harusnya IKN Dipimpin Menteri Sekretaris Negara

- Senin, 9 Maret 2020 | 21:15 WIB
Basuki Tjahaja Purnama dan Presiden Joko Widodo (Instagram/@basukibtp)
Basuki Tjahaja Purnama dan Presiden Joko Widodo (Instagram/@basukibtp)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyeleksi siapa sosok yang tepat untuk memimpin Ibu Kota Negara (IKN) Baru ke depan, karena jabatan tersebut akan setara dengan menteri yakni Kepala Otorita.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah Putra menilai sosok yang paling tepat menjabat sebagai kepala otorita tersebut ialah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

"Karena IKN akan melibatkan banyak pihak, mestinya langsung saja dipimpin Setneg. Kemudian para menteri lain memiliki tanggung jawab yang sesuai dengan bidangnya terkait pembangunan IKN," ucapnya saat dihubungi Indozone, Senin, (9/3/2020).

Sehingga, lanjut dia, badan otorita tidak dipimpin oleh nama tokoh, melainkan oleh struktur pemerintah, siapapun Setnegnya nanti, dia yang akan meneruskan.

"Terlebih lagi, jangan sampai IKN baru dipimpin oleh nama di luar pemerintah karena memungkinkan menjadi megaproyek swasta, dan tentu akan kental nuansa korporasi," jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, jika nama yang paling kuat sebagai kandidat pemimpin IKN Baru adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X