Menkeu : Negara Maju Berawal Dari Sebuah Integritas Yang Terjaga

- Selasa, 3 Desember 2019 | 16:39 WIB
Sri Mulyani, Menteri Keuangan (ANTARA/Galih Pradipta/ama)
Sri Mulyani, Menteri Keuangan (ANTARA/Galih Pradipta/ama)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sebuah negara bisa menjadi negara yang maju dan mapan jika negara tersebut mampu menyelenggarakan pemerintahan yang berintegritas. 

Begitu pula jika suatu negara dijalankan oleh pemerintah yang tidak berintegritas, maka negara tersebut akan menjadi negara yang hancur perekonomiannya. 

"Kita bisa saja membuat cerita itu kehancuran negara karena masalah geopolitik, proxy war dan lainnya. Tapi kalau anda peras dan peras terus, at the end of the essense, esensi yang paling utama di negara yang fail itu adalah masalah integritas," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (3/12). 

Sri Mulyani mengatakan, sudah lebih dari 15 tahun Indonesia berjuang melawan korupsi. Diakuinya hal itu tidak mudah, bahkan dalam perjalanannya sebuah institusi yang seharusnya berperan menjaga integritas, justru ditemukan oknum yang 'bermain' dengan integritas tersebut. 

Korupsi adalah musuh yang sangat nyata. Dia adalah salah satu tantangan yang bisa menghancurkan satu negara. 

"Anda mungkin tidak perlu musuh dari luar, tapi musuh dari dalam diri kita sendiri itu adalah yang biasanya paling manjur, paling efektif, paling bisa meruntuhkan suatu bangsa," tuturnya. 

Dimulai dari diri sendiri, Sri Mulyani pun mengajak seluruh jajarannya untuk berkomitmen menjalankan tugas sebagai bendahara negara dengan penuh integritas. 

"Seluruh jajaran kementerian keuangan yang selalu saya harapkan untuk menjadi bagian yang membangun indonesia untuk menjadi maju," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X