Menag Minta Para Santri Untuk Terus Sebarkan Pesan Perdamaian

- Minggu, 13 Oktober 2019 | 16:03 WIB
ANTARA/HO-Kemenag
ANTARA/HO-Kemenag

Lukman Hakim Saifudin selaku Menteri Agama, meminta para santri untuk menyebarkan pesan perdamaian melalui identitas diri yang selama ini ditampilkannya untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia.

"Selama ini santri telah berperan dengan baik menjaga pagar persatuan Indonesia. Maka dari itu santri merupakan duta perdamaian yang menebarkannya kepada siapapun, dimanapun, dan kapanpun," kata Lukman terkait hari santri.

Menurut Lukman, santri adalah pribadi yang mendalami agama Islam dari akar kata salam, yang artinya kedamaian dan menjadi inti jiwa santri. Ia mengingatkan para santri untuk tetap menjaga identitasnya dalam kehidupan beragama dan bernegara.

Lukman menambahkan santri memiliki ciri khas yang didapat dari proses belajar selama di pondok yang kemudian melekat sebagai identitas. Ia juga mengatakan bahwa santri sangat menghargai perbedaan dan memiliki kecintaan luar biasa kepada tanah airnya.

"Sejak hari pertama mondok, santri sudah berhadapan dengan kemajemukan. Menghargai dan menghormati itu tidak tidak berarti membenarkan apalagi mendukung," ujar Lukman.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kanaruddin Amin menambahkan bahwa peringatan hari santri bukan ditujukan untuk diri santri melainkan untuk menebalkan prinsip Islam moderat.

-
ANTARA/HO-Kemenag

"Santri tidak hanya kuat dalam religiusitas saja tetapi juga hebat dalam rasa nasionalisme. Untuk menjaga hal itu, negara perlu hadir, menjaga, dan memupuknya," katanya.

Acara Parade Santri yang diadakan di area hari bebas kendaraan jalan MH Thamrin Jakarta merupakan rangkaian acara dalam peringatan Hari Santri 2019 pada 22 Oktober mendatang.

Dalam acara tersebut dilakukan pembentangan bendera merah putih sepanjang 740 meter oleh ratusan santri dari pesantren Asshidiqiyah Jakarta.

Acara Parade Santri juga diisi oleh tausiyah keagamaan dari LH Miftah Maulana Habiburahman dan panggung musik shalawat oleh Veve Zulfikar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X