Cholil Nafis Sebut Pinjol Haram dan Bikin Benjol: Jangan Jadikan Hutang Sebagai Gaya Hidup

- Jumat, 3 September 2021 | 14:55 WIB
Cholil Nafis. (Twitter/@cholilnafis) / Ilustrasi. (Unsplash)
Cholil Nafis. (Twitter/@cholilnafis) / Ilustrasi. (Unsplash)

Praktik Pinjaman Online (pinjol) tengah menjadi sorotan Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI menilai pinjol banyak mudaratnya dan telah merugikan pihak-pihak yang meminjam dana tersebut.

Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanudiin AF mengatakan, pinjol seharusnya dilarang di Indonesia. Sebab, Islam mengajarkan bahwa tidak boleh merugikan salah stau pihak dalam suatu perjanjiannya, kata Hasnuddin.

Sementara itu, ulama sekaligus Ketua MUI Cholil Nafis berpendapat bahwa pinjol hanya akan membuat kehidupan orang menjadi benjol. Hukumnya juga haram. Dia juga menegaskan bahwa pinjol seharusnya memudahkan peminjamnya dan harus dilandasi moral dan etika.

"Pinjol (pinjamam online) konotasinya rentenir sehingga membuat kehidupan benjol.  Mudah cair pinjamannya tanpa melihat kemampuan bayar n bunganya gede. Tapi giliran nagih seperti pesakitan. Ini hukumnya haram. Seyogyanya pinjol itu utk memudahkan n dilandasi moral n etika," kata Cholil, seperti yang dikutip Indozone melalui akun Twitter-nya, Jumat (3/9/2021).

-
Cuitan Cholil Nafis. (Twitter/@cholilnafis)

Baca juga: Ketua MPR Minta Tindakan Tegas Terhadap Pinjaman Online Harus Terus Ditingkatkan

Meski menyarankan untuk menghindari pinjol, namun menurut Cholil Nafis, tetap harus dicarikan solusinya.

"Selain kita melarangnya krn ada riba dan penistaan peminjam saat diragih juga harus carikan solusinya utk pemenuhan ekonominya. Pemulihan ekonomi saat ini bagian dari prioritas dakwah," sambung Cholil.

Dia kemudian berpesan agar tidak menjadikan hutang sebagai gaya hidup. Cukup berhutang karena pintu darurat untuk memenuhi kebutuhan hidup, ujar Cholil.

"Janganlah menjadikan hutang sbg gaya hidup apalagi utk memenuhi keinginan hidup, cukuplah berhutang itu hanya sebagai pintu darurat  (emergency exit) utk memenuhi kebutuhan hidup. Hutang itu membuat gelisah dan bisa2 hidupnya dibawah tekanan," kata Cholil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X