Bicara Soal Menag Yaqut, Bahar bin Smith: Dia Toleransinya Kebablasan

- Rabu, 8 Desember 2021 | 18:08 WIB
Habib Bahar bin Smith. (photo/ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Habib Bahar bin Smith. (photo/ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Habib Bahar bin Smith baru-baru ini memberikan tanggapannya soal Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. 

Bahar bin Smith mengatakan, menteri agama harusnya dijalankan oleh orang yang mengerti agama. Namun menurutnya, toleransi yang dilakukan Menag Yaqut sudah melewati batas.

"Pendapat saya tentang Menag Yaqut ini, namanya menteri agama, menteri agama itu harus orang yang bener-bener paham dengan agama," kata Habib Bahar, seperti dikutip INDOZONE dari akun YouTube Refly Harun, Rabu (08/12/2021). 

"Dia harus toleransi, tapi toleransinya jangan yang keblablasan. Kan banyak orang toleransinya keblablasan.," tambahnya.

Ia kemudian mencontohkan toleransi antar umat beragama yang tidak melewati batas. Misalnya, katanya, orang Islam bisa menjaga Gereja ketika umat Kristen merayakan Natal.

Namun ia mengingatkan, jangan sampai umat Islam meniru kebiasaan agama lain, seperti memakai topi Natal. Hal itu disebut Habib Bahar sebagai bentuk toleransi yang keblablasan.

"Bagaimana contoh toleransi kepada agama lain? Oh ketika saudara-saudara dari Nasrani sedang Natal, kita jaga gerejanya. Cukup jaga gereja, kita tidak mengucapkan selamat dan tidak masuk ke dalam. Itu kita," jelas Habib Bahar.

"Sebaliknya ketika Idul Fitri, saudara-saudara dari Nasrani jaga Masjid. Itu namanya toleransi yang bener. Bukan keblablasan pakai topi Natal, itu menyerupai namanya," sambungnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X