39 RT di Jakarta Terendam Banjir Rob, Ketinggian Air Hampir 1 Meter

- Selasa, 7 Desember 2021 | 15:04 WIB
Warga membersihkan warungnya yang terendam rob atau banjir pasang air laut di Ancol. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa)
Warga membersihkan warungnya yang terendam rob atau banjir pasang air laut di Ancol. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada sebanyak 39 RT yang terendam banjir pada Selasa (7/12/2021) siang. Genangan air tersebut pun disebabkan oleh banjir rob di Jakarta Utara dan Barat.

Berdasarkan data yang diberikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Mohamad Insyaf, ketinggian air yang terdampak banjir rob tersebut hingga pukul 12.00 WIB mencapai 80 sentimeter.

"Informasi genangan saat ini ada 39 RT atau 0,128 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," ujar Insyaf kepada wartawan.

Kendati demikian, Insyaf menyatakan hingga kini tidak ada satu pun warga yang harus mengungsi karena banjir rob itu. Saat ini genangan ditangani oleh pihak kelurahan setempat, PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP,  Tagana dan Disgulkarmat.

Baca juga: Tangani Banjir Rob, Pemprov DKI Lanjutkan Proyek Tanggul NCID

Berikut adalah data wilayah Jakarta yang mengalami banjir rob hingga siang hari ini:

1. Jakarta Utara terdapat 24 RT, terdiri dari;

  • Kelurahan Pluit

Ketinggian : 80 sentimster dengan jumlah 11 RT

Penyebab : Rob

 

  • Kelurahan Penjaringan

Ketinggian : 50 sentimeter dengan jumlah 1 RT

Penyebab : Rob

 

  • Kelurahan Pejagalan

Ketinggian : 40 sentimeter dengan jumlah 1 RT

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X