Gubernur Isran Noor Klaim Kaltim Provinsi Paling Setia di Indonesia, Ini Alasannya

- Rabu, 1 Desember 2021 | 10:23 WIB
Gubernur Isran Noor (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Gubernur Isran Noor (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, mengklaim bahwa Kalimantan Timur merupakan provinsi paling setia di Republik Indonesia. Isran pun mengungkapkan sejumlah fakta yang mendukung ucapannya.

"Kenapa paling setia? Sejak mulai merdeka, Kaltim penghasil devisa negara melalui minyaknya yang terbesar, tahun 1971 sebagai penghasil kayu terbaik terbesar di republik ini sampai menghasilkan monumen pembangunan Gedung Manggala Wanabakti yang terbaik dari sisi interior sampai sekarang itu sumbangan pengusaha kayu Kaltim saja," ujar Isran di kanal YouTube Kemenparekraf, dikutip Selasa (30/11/2021).

Selain menyumbangkan devisa lewat minyak dan kayu, Kaltim juga menyumbangkan devisa kepada Indonesia lewat batubara.

"Batubara dari tahun 96 sampai sekarang terbesar di Indonesia, 60 persen dihasilkan di Kaltim terbanyak," ujarnya.

Dengan segala kekayaan alam tersebut, Kalimantan Timur tetap setia kepada Ibu Pertiwi dan tak pernah ada narasi ingin memerdekakan diri.

"Kita tetap patuh taat dan setia dan tidak pernah Kaltim ingin merdeka dengan sumber daya alam yang dimilikinya, apalagi cerita-cerita, nggak pernah," ujarnya.

Meskipun Kalimantan Timur tidak puas dengan kebijakan pemerintah pusat, protes yang dilakukan juga "halus" dan menaati konstitusi.

"Tahun 2010 gubernur pernah mengusulkan Kaltim sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, itu ditolak gagal, diterima dengan lapang dada. Tahun 2012 Kaltim melakukan judicial terhadap dana DBH UU 33 (Undang-undang tentang perimbangan keuangan pusat-daerah), juga ditolak kita terima dengan lapang dada, jadi artinya menurut saya dalam tanda petik kaltim adalah provinsi paling setia, menurut saya, menurut kalian terserah, hehe," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X