Menhub Budi Karya Sebut Mobil Listrik Buatan Lokal akan Digunakan di Bandara dan G20

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 20:36 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) menjajal mobil listrik buatan UGM dan LPDP, yang bernama
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) menjajal mobil listrik buatan UGM dan LPDP, yang bernama

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa mobil listrik karya anak bangsa akan digunakan di dua bandara internasional yaitu Soekarno-Hatta dan Yogyakarta (YIA), serta mendukung ajang G20 di Bali pada 2022.

Hal tersebut disampaikan Menhub saat menghadiri pembelian mobil listrik buatan UGM dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang dinamakan "GATe" (Gadjahmada Airport Transporter Electric), di Yogyakarta, Sabtu.

Seperti yang diketahui, Kemenhub bersama PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, Gojek, dan Grab, membeli enam unit mobil GATe untuk digunakan di Bandara Soetta dan YIA.

"GATe menjadi kebanggaan bagi Indonesia yang harus didukung, karena merupakan hasil karya anak bangsa. Kita akan beli lebih banyak untuk mewarnai event G20 di Bali nanti," kata Budi, Sabtu (18/12) dikutip dari ANTARA.

Baca juga: Ratusan Rumah Warga di Pasaman Barat Sumbar Terendam Banjir

Menhub menjelaskan penggunaan mobil listrik GATe sejalan dengan apa yang menjadi perhatian dalam Presidensi G20, yaitu upaya negara-negara dalam menangani perubahan iklim melalui pengurangan emisi dan perbaikan lingkungan yang berkelanjutan.

Untuk diketahui, Mobil GATe merupakan hasil riset kendaraan listrik kerja sama LPDP dan Direktorat Penelitian UGM yang akan digunakan untuk transportasi bandara.

Mobil listrik ini dikembangkan mulai 2019 dengan konsep kendaraan bandara berbentuk mobil listrik berkecepatan 21 km/jam yang memiliki kapasitas 4-6 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X