The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dukung Partai Mahasiswa Indonesia, Demokrat Tanyakan Sumber Biaya
Aksi demo mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
News

Dukung Partai Mahasiswa Indonesia, Demokrat Tanyakan Sumber Biaya

Rabu, 27 April 2022 19:15 WIB 27 April 2022, 19:15 WIB

INDOZONE.ID - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mendukung terbentuknya Partai Mahasiswa Indonesia. Hanya saja dia mempertanyakan sumber biaya Partai Mahasiswa Indonesia.

“Atas terbentuknya Partai Mahasiswa Indonesia yang dibidani dan dimotori para aktivis mahasiswa yang tergabung pada salah satu kubu BEM Nusantara yang sempat bertemu Pak Wiranto tentunya kita sambut baik,” kata Kamhar kepada Indozone, Rabu (27/4/2022).

Dalam perspektif diskursus demokrasi, kata Kamhar, tentu terbersit harapan partai ini akan dinamis dan idealis sebagaimana gerakan mahasiswa yang “genuine” dalam merespon berbagai dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga bisa berkontribusi nyata pada peningkatan derajat dan kualitas demokrasi.

“Ini menjadi suatu gebrakan besar bagi masiswa untuk langsung sampai pada capaian membentuk partai politik. Suatu lompatan besar, yang bahkan tak mampu direalisasikan oleh generasi pendahulu yang monumental dalam sejarah pergerakan mahasiswa sepeti angkatan 66, angkatan 74, maupun angkatan 98,” tuturnya.

Baca Juga: H-5 Lebaran, Antrean Kendaraan di Pelabuhan Merak Padat hingga 1 Kilometer

Lantas dia bertanya mengenai pendanaan Partai Mahasiswa Indonesia ini. Karena ditegaskannya dalam membuat suatu partai politik tidak lah mudah.

“Kita berbaik sangka, memandang ini sebagai capaian dalam percepatan pengkaderan bangsa, namun tentunya juga timbul berbagai pertanyaan, dari mana biaya mendirikan partai? Membuat parpol tak mudah dan tak murah, apalagi untuk sampai pada tahap menjadi peserta pemilu,” beber Kamhar.

“Apalagi infonya Partai Mahasiswa Indonesia ini perubahan dari Parkindo 1945. Ini penting untuk dijelaskan ke publik, proses akuisisinya seperti apa,” tambahnya.

Untuk diketahui, Partai Mahasiswa Indonesia muncul setelah sebelumnya Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyebut nama partai tersebut untuk pertama kalinya saat beraudiensi dengan buruh hingga mahasiswa.

Dasco mengatakan bahwa Partai Mahasiswa Indonesia telah lolos di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US