The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Warga Tulungagung Tak Sengaja Temukan Kucing Hutan, Kini Diserahkan ke BKSDA Kediri
Kucing hutan jawa ("Prionailurus bengalensis") temuan warga Desa Sumberdadap, Tulungagung (photo/ANTARA/HO)
News

Warga Tulungagung Tak Sengaja Temukan Kucing Hutan, Kini Diserahkan ke BKSDA Kediri

Selasa, 31 Agustus 2021 23:55 WIB 31 Agustus 2021, 23:55 WIB

INDOZONE.ID - Warga di Tulungagung, Jawa Timur, secara tidak sengaja menemukan seekor kucing hutan jawa. Kini hewan menggemaskan itu telah diserahkan ke Badan Konservasi dan Sumberdaya Alam (BKSDA) Kediri, Selasa (31/8).

"Kucing hutan itu ditemukan saudari Evana Nisaul Ammar di Desa Sumberdadap, Kecamatan Puanglaban," kata Ketua Lembaga Edukasi Cinta Satwa dan Konservasi (CAKRA), Yuga Hermawan di Tulungagung dikutip dari ANTARA.

Disebutkan, kucing hutan yang diperkirakan berusia enam bulan itu sudah terdeteksi setelah orang tua Evana memergoki satwa liar langka itu tengah memangsa ayam peliharaan warga desa.

Baca juga: Kenalan dengan Rahadewi Neta, Wasit Wanita Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Warga awalnya curiga karena banyak ternak kelinci mereka yang mati dengan luka gigitan binatang buas.

Serangan kucing hutan atau biasa disebut macan rembah itu informasinya sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir.

Untuk mengevakuasi kucing hutan tersebut, BKSDA Kediri yang mendapat laporan dari gadis Desa Sumberdadap kelahiran 1995 ini lalu meminta bantuan komunitas pecinta satwa dan konservasi di Tulungagung.

Sejumlah aktivis pecinta satwa dari Lembaga Edukasi Cakra kemudian bergerak untuk membantu evakuasi, dan kemudian menghantarnya ke BKSDA Kediri bersama Evana Nisaul Ammar.

"Awalnya kami tidak tahu kalau itu kucing (hutan). Dikiranya itu digigit ular, tikus atau semacam garangan," tutur Evana bercerita.

Warga kemudian berinisiatif menangkap kucing ini. Kucing ini dijebak menggunakan anak ayam yang ditaruh dalam kandang bambu pada Minggu (29/8) pagi, dan baru pada malamnya tertangkap.

Karena tahu kucing ini dilindungi dan mulai terancam punah, Evana selanjutnya menghubungi BKSDA untuk menyerahkan kucing ini. Lalu BKSDA menghubungi CAKRA.

Rencananya kucing hutan tersebut akan direhabilitasi sebelum dilepasliarkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US