The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kasus COVID-19 Melonjak, DPRD Riau Berharap Distribusi Vaksin Merata ke Desa-Desa
Ilustrasi vaksin. (Reuters)
News

Kasus COVID-19 Melonjak, DPRD Riau Berharap Distribusi Vaksin Merata ke Desa-Desa

Kamis, 03 Juni 2021 13:54 WIB 03 Juni 2021, 13:54 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Agung Nugroho berharap distribusi vaksin bisa dilakukan secara merata ke seluruh daerah hingga ke desa-desa yang ada di Provinsi Riau, mengingat kasus COVID-19 di daerah ini melonjak hingga 100 persen.

"Saya mendapat informasi bahwa pemberian vaksin ini hanya diprioritaskan di ibu kota kabupaten/kota saja. Kita meminta distribusi vaksin ini harus disebarkan hingga ke desa-desa. Apalagi, Riau saat ini dalam kondisi genting, penyumbang kasus harian terkonfirmasi COVID-19 tertinggi," ucap Agung Nugroho di Pekanbaru, Kamis (03/06), seperti dilansir Antara.

Ia pun akan mengusulkan penambahan dosis vaksin ke Kementerian Kesehatan RI.

Maka dari itu, pihaknya akan menggelar pertemuan dengan Dinas Kesehatan beserta pihak rumah sakit yang ada kabupaten/kota untuk menanyakan informasi soal penanganan COVID-19 ini. Termasuk mendata kekurangan vaksin yang ada di kabupaten/kota.

"Kita akan mengecek berapa kekurangan vaksin di kabupaten/kota begitupun kelengkapan fasilitasnya. Kekurangan ini akan kami sampaikan ke Kemenkes RI, kami minta agar segera ada penambahan vaksin," ucap Ketua DPC Demokrat Kota Pekanbaru itu.

Selain itu, Agung juga meminta supaya pihak terkait bisa memastikan dosis vaksin ini aman saat didistribusikan ke daerah-daerah terluar dan terpencil di Provinsi Riau karena pendistribusian vaksin harus mendapat penanganan khusus.

"Yang harus diperhatikan juga mutu dari vaksin tersebut jangan sampai nanti sampai di Pulau Kijang. Vaksin ini tidak efektif lagi digunakan. Sudah kadaluarsa. Kita minta ini harus benar-benar diperhatikan," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan dukungannya terhadap percepatan program vaksinasi, Agung meminta agar sosialisasi terus gencar dilakukan. Khususnya untuk masyarakat yang rentan terkena COVID-19. Salah satunya diprioritaskan kepada lansia.

"Cakupan vaksinasi untuk lansia, persentasenya masih minim. Ini tugas kami, baik Pemda ataupun DPRD untuk mensosialisasikan ini kepada mereka, bahwa vaksin ini sudah teruji klinis dan aman bagi lansia," ucap Agung.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
JOIN US
JOIN US