The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Simak! Cara Kerja Sindikat Skimming Jaringan Internasional: Pakai Alat Canggih
Konferensi pers sindikat skiming ATM jaringan internasional di Polda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
News

Simak! Cara Kerja Sindikat Skimming Jaringan Internasional: Pakai Alat Canggih

Polisi beberkan cara kerjanya

Rabu, 15 September 2021 18:47 WIB 15 September 2021, 18:47 WIB

INDOZONE.ID - Polda Metro Jaya baru saja berhasil menciduk tiga tersangka yang tergabung dalam sindikat skimming mesin ATM jaringan internasional. Polisi pun membeberkan cara kerja dari sindikat ini.

"Awalnya ada sindikat di ATM yang memang mencuri data nasabah bank menggunakan skimming yang ada. Ada alat yang dia pasang di ATM tersebut yang untuk mencuri data," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Kombes Yusri menyebut sindikat ini menggunakan alat skimming yang canggih yang bisa diletakan di dalam mesin ATM. Kemudian, alat ini akan merekam data dari kartu ATM milik korban saat kartu tersebut digunakan di mesin ATM yang sudah ditempel mesin skimming.

"Caranya seperti apa? Jadi di dalam ATM dipasang alat khusus. Saat nasabah ambil uang masuk ke dalam ATM, data yang ada di kartu nasabah terekam masuk ke alat tersebut," kata Yusri.

"Setelah itu dipindahkan ke blank card, itu kartu kosong dan diserahkan ke para pelaku ini untuk mengambil ke ATM. Rata-rata ATM itu adanya di Bekasi dan Jakarta yang sudah ditentukan oleh DPO," sambung Yusri.

Langkah selanjutnya, dua WNA yang sudah ditangkap berperan mengambil kartu blank card yang sudah diisi data korban dan melakukan transfer ke rekening penampung tersangka WNI serta mengambil uang untuk jatah dari tersangka.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis menyebut alat skimming yang digunakan pelaku merupakan alat canggih yang berbeda dengan alat skimming yang pernah ada.

"Sekarang memang semakin lama semakin bagus mereka punya alat. Kalau dulu kelihatan alatnya di mulut mesin ATM, kalau sekarang alatnya di dalam namanya deep skimmer," pungkas Aulia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US