Anggota DPRD DKI Minta Kasus Tabrakan Bus TransJakarta Diselidiki Secara Transparan

- Senin, 25 Oktober 2021 | 20:01 WIB
Bus TransJakarta yang nahas alami tabrakan. (Foto/Antara)
Bus TransJakarta yang nahas alami tabrakan. (Foto/Antara)

Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak meminta penyelidikan atas tabrakan dua bus TransJakarta dilakukan secara transparan sehingga publik mengetahui penyebabnya.

"Jadi harus terbuka dan tuntas, diusut penyebabnya apakah ada pemeliharaan bus yang dikurangi, apakah ada faktor manajemen sumber daya yang harus diperketat termasuk tes narkoba rutin dan solusi ke depannya bagaimana?," kata Gilbert di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Menurut anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus melakukan hal tersebut karena masyarakat harus mendapatkan ketenangan saat menggunakan layanan TransJakarta yang tiap tahun dibekali dengan dana pelayanan publik (public service obligation/PSO) sekitar Rp 3 triliun dari pajak.

"Sayangnya transparansi pengelolaan, anggaran dan penyelesaian permasalahan di Jakarta saat ini sulit diharapkan. Dampaknya masyarakat jadi sulit untuk ikut mengawasi," katanya seperti yang dilansir Antara.

Menurut Gilbert, peristiwa tabrakan dari belakang antarbus TransJakarta membuka kotak pandora kondisi manajemen TransJakarta.

Padahal pelayanan publik sektor transportasi adalah hal yang sangat dibutuhkan masyarakat dan ini juga janji kampanye Gubernur Anies Baswedan.

"Sayangnya pencapaian target bidang transportasi sesuai kampanye, masih jauh dari harapan," ujarnya.

Seharusnya, kata Gilbert, dengan UMR DKI saat ini, subsidi transportasi harusnya diikuti dengan sarana, prasarana dan pelayanan yang baik.

"Sangat disayangkan kejadian tabrakan dari belakang oleh bus TransJakarta. Unsur keselamatan dan keamanan adalah unsur utama transportasi. Dari kejadian ini kita belajar bahwa ada sesuatu yang salah dalam tata kelola DKI," katanya.

"Sebaiknya Gubernur Anies dan jajaran fokus bekerja dalam waktu tersisa ini untuk kesejahteraan publik seperti pelayanan transportasi publik," kata politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sebelumnya, tabrakan dua bus TransJakarta terjadi di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur (Jaktim), pada Senin pagi.

Berdasarkan data dari Ditlantas Polda Metro Jaya tabrakan tersebut telah merenggut nyawa tiga orang dan puluhan orang lainnya luka-luka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X