Lakukan Sidak, Anies Marahi Warga yang Ciptakan Kerumunan dan Tak Taat Prokes

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 08:41 WIB
Gubernur Anies lakukan sidak ke sejumlah restoran (Instagram/aniesbaswedan)
Gubernur Anies lakukan sidak ke sejumlah restoran (Instagram/aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak pendisiplinan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Hal ini menyusul kasus Covid-19 di Jakarta yang semakin melonjak dan mengkhawatirkan.

Anies bersama sejumlah personel Satpol PP masuk ke sebuah restoran dan menegur pengunjung yang makan satu meja dengan jumlah banyak.

"Satu meja satu keluarga. Kalau ini namanya ketemu dari mana-mana berkumpul. Apa bedanya? Enggak boleh," kata Anies menegur pengurus restoran, Jumat (18/6/2021) malam.

Anies mengingatkan makan bersama di luar hanya boleh dilakukan orang yang tinggal satu rumah. Bukan berasal dari berbagai tempat dan berkumpul di restoran.

"Kalau yang boleh begini kalau dari rumah, satu rumah, satu mobil. Kalau begini orang dari mana-mana enggak boleh. Ini yang menular. Yang paling banyak menular ini," tegasnya.

Lalu, di restoran lainnya, lagi-lagi Anies menemukan warga yang duduk satu meja makan bersama. Ada pula restoran outdoor yang nekat buka di luar jam yang ditentukan.

Anies pun meminta pengurus restoran menyebutkan aturan pembukaan restoran di tengah pandemi.

"Kapasitas hanya setengah, jam operasi hanya sampai jam 9 malam. Setengah jam sebelum tutup harus ingatkan pengunjung kalau akan segera tutup," kata seorang pengurus.

"Jadi begitu, ya, diingat," pungkas Anies.

Sebelumnya, Anies mengatakan sejauh ini denda yang terkumpul dari penindakan prokes Covid-19 sudah mencapai Rp6,9 miliar. Anies meminta kerja sama semua pihak untuk disiplin menerapkan prokes. Jika masih ngeyel, maka akan dikenakan denda maksimal Rp50 juta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X