2 Bulan Kabur, Pemasok Bom Ikan yang Tewaskan Tukang Ojek di Banten Ditangkap!

- Selasa, 5 April 2022 | 16:38 WIB
Polda Banten berhasil mengamankan tersangka pemasok bom ikan. (Dok. Polda Banten)
Polda Banten berhasil mengamankan tersangka pemasok bom ikan. (Dok. Polda Banten)

Jajaran Polres Pandeglang berhasil menangkap LL (35), pemasok bom ikan yang meledak dan menewaskan tukang ojek di Cimanggu, Banten beberapa bulan lalu. LL diketahui merupakan pemasok bom ikan kepada para nelayan.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga menyebut dari hasil pemeriksaan para saksi disebutkan jika korban mendapat bom ikan dari LL. Polisi sempat memburu LL yang ternyata LL sudah melarikan diri.

"Pasca ledakan terjadi LL langsung melarikan diri ke hutan di daerah Munjul, Pandeglang selama kurang lebih dua bulan," kata Shinto saat dikonfirmasi Indozone, Selasa (5/4/2022).

Dua bulan berselang, LL keluar dari hutan ke daerah Sumur, Banten. Saat itu lah polisi langsung melakukan penangkapan terhadap LL.

"Berhasil ditangkap oleh penyidik pada 11 Maret 2022 saat sedang beraktivitas di keramba ikan di Kecamatan Sumur, Pandeglang," beber Shinto.

Baca Juga: Polda Banten Ciduk Sindikat Penimbun Solar Untuk Dijual Dengan Harga Tinggi

Tersangka Merupakan Residivis Pengedar Bom Ikan

Pada 2014 yang lalu, LL ternyata sudah pernah ditangkap polisi dalam kasus yang sama. LL menjual bom ikan kepada para nelayan dengan motif keuntungan.

"Motif tersangka LL mencari keuntungan ekonomis dari pembuatan bom ikan. Tersangka tidak memperdulikan tentang ancaman bahaya bagi nyawa dan benda orang yang menyimpan dan merakit bahan peledak, bahkan juga tidak peduli dengan dampak kerusakan bom ikan terhadap ekosistem laut," kata Shinto.

Dalam kesempatan yang sama, LL mendapat bahan baku bom ikan dari sepasang suami istri. Kini suami istri tersebut tengah diburu oleh polisi.

"Polres Pandeglang terus mengejar suami istri MKD dan MY yang menjadi sumber bahan peledak pembuat bom ikan," paparnya.

Sebelumnya, ledakan bersumber dari bom ikan terjadi disebuah rumah di Kampung Cisaat, Desa Tangkil Sari, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten pada Minggu, 9 Januari 2022 yang lalu. Akibat insiden ini, seorang IRT berinisial LI mengalami luka berat dan tukang ojek berinisial UL tewas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X