Pihak Maskapai Asal China Bantah Lakukan Pemangkasan Biaya Perawatan Boeing 737

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 14:16 WIB
Miniatur pesawat Boeing 737-800. (REUTERS/Aly Song)
Miniatur pesawat Boeing 737-800. (REUTERS/Aly Song)

Maskapai penerbangan asal China, yakni China Eastern Airlines membantah rumor bahwa pihaknya telah memangkas pemeliharaan pesawat berjenis Boeing 737 senilai Rp22,5 triliun pada, Jumat (25/3/2022).

Pemangkasan dana itu telah dikaitkan dengan kecelakaan pesawat miliknya di Guangxi pekan ini yang menewaskan 132 orang. Dalam konferensi pers di Nanning, Guangxi, maskapai itu membantah rumor tersebut.

"Untuk menjamin keselamatan, biaya pemeliharaan ditingkatkan, meskipun frekuensi penerbangan lebih sedikit karena Covid-19," kata China Eastern dalam sebuah pernyataan, seperti disadur dari Reuters, Sabtu (26/3/2022).

Bahkan dibandingkan dengan 2019, biaya pemeliharaan pada 2021 naik 12 persen, tulis China Daily mengutip China Eastern.

Baca Juga: 132 Penumpang Pesawat Boeing 737 Milik Maskapai China Dinyatakan Meninggal Dunia

"Karena China Eastern terdaftar di lantai bursa, silakan cek data-data yang sudah terbuka dan transparan itu," kata pihak maskapai yang berkantor pusat di Shanghai itu.

Kecelakaan udara terbesar di China dalam 12 tahun terakhir itu juga diduga disebabkan oleh kerusakan pada pickle fork, komponen yang menyatukan badan dan sayap pesawat.

China Eastern mengatakan tidak ada masalah dengan komponen itu sehingga perbaikan tidak dibutuhkan, apalagi diperbaiki secara mandiri seperti yang diisukan selama ini.

Sementara itu, pakar kedirgantaraan dari Beihang University Prof Huang Jun menduga pilot pesawat nahas tersebut kehilangan kendali.

"Salah satu alasan jatuhnya pesawat itu secara tiba-tiba bisa jadi karena kerusakan sistem kendali penerbangan secara tiba-tiba," katanya seperti dikutip Global Times.

Dengan kegagalan fungsi pada sistem kendali tersebut, kata dia, pesawat bernomor penerbangan MU-5735 itu akan kehilangan daya angkat.

Jatuhnya pesawat itu dari ketinggian hampir 9.000 meter dalam penerbangan dari Kunming, Provinsi Yunnan, menuju Guangzhou, Provinsi Guangdong, masih meninggalkan misteri.

Pesawat tersebut jatuh secara vertikal sebelum meledak dan terbakar saat menghunjam perbukitan di Kabupaten Tengxiang, Guangxi. Tim penyelamat berhasil menemukan satu dari dua kotak hitam pesawat.

Nilai saham China Eastern di bursa Shanghai terus menurun sejak kecelakaan itu. Hingga perdagangan saham ditutup pada Jumat (25/3/2022), harga saham maskapai itu mencapai 4,90 yuan (Rp11.050,57) atau turun 5,41 persen.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X