Puan: Idul Fitri Menjadi Momentum Tepat Untuk Menguatkan Solidaritas Bangsa

- Rabu, 12 Mei 2021 | 15:39 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Istimewa)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Istimewa)

Ketua DPR RI Puan Maharani menganggap perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah menjadi momentum tepat untuk menguatkan solidaritas bangsa guna saling membantu khususnya di saat masa pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, Puan mengajak masyarakat merayakan Idul Fitri dengan saling memaafkan dan berbagi pada sesama. Hal itu setelah pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 H / 2021 M jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

“Merayakan Idul Fitri sambil berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara di sekeliling kita, terutama mereka yang terdampak pandemi,” kata Puan di Jakarta, Rabu (12/5/2021).

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, situasi kali ini adalah  tahun kedua umat muslim berlebaran di tengah pandemi Covid-19. Walau harus ada pembatasan-pembatasan dan kenormalan baru, namun diharapkannya kesakralan dan berkah Idul Fitri tidak akan berkurang.

Baca Juga: Terungkap, Pria Pedofil yang Cabuli 35 Anak di Sumsel Ternyata Sudah Beraksi Sejak 1992

Lebih jauh dia turut mengingatkan bagi masyarakat yang mampu dapat segera memenuhi kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Sebab baginya zakat adalah salah satu wujud solidaritas sosial.

“Semuanya menjadi modal sosial  untuk bergotong royong memulihkan kehidupan sosial-ekonomi akibat pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Terpenting Mantan Menko PMK ini berharap masyarakat untuk tetap menunda mudik demi kebaikan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19. Walau tak mudik, menurutnya silaturahmi bisa memanfaatkan perkembangan dari teknologi yang ada saat ini.

“Kita jaga silaturahmi, saling memaafkan sebagai sesama anak bangsa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Puan.

“Semoga kita kembali fitri, setelah ditempa lahir dan batin selama bulan Ramadan. Sambutlah hari Lebaran dengan gembira,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X