China Hukum Lituania karena Izinkan Taiwan Buka Kedutaan Besar

- Minggu, 21 November 2021 | 16:34 WIB
Bendera China berkibar di Beijing. (REUTERS/Thomas Peter)
Bendera China berkibar di Beijing. (REUTERS/Thomas Peter)

China menghukum Lituania karena mengizinkan Taiwan untuk membuka kantor perwakilan di Vilnius. Bagi China, pembukaan kedutaan besar di Ibu Kota Lituania itu merupakan pembangkangan karena menganggap Taiwan sebagai negara merdeka yang melanggar kedaulatan China.

"Pemerintah Lituania harus menanggung semua konsekuensi yang timbul dari kebijakannya ini. Mereka harus segera memperbaiki kesalahan," kata Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan resmi yang dikutip RT, Minggu (21/11/2021).

Dalam pernyataan tersebut, Beijing menyebut sikap Lituania telah merusak prinsip Satu China. Mereka juga menganggap Lituania telah merusak prinsip netralitas dalam hubungan bilateral yang telah terjalin antar-kedua negara.

Sebagai bentuk hukuman, China mencabut hubungan diplomatik mereka dengan Lituania menjadi hanya tingkat kuasa usaha. China juga telah menarik duta besarnya di Negara Baltik tersebut sebagai protes atas kebijakan Lituania.

"Bagaimana pun upaya Taiwan mengubah dan memutar balik fakta, mereka tidak dapat mengubah fakta sejarah bahwa Taiwan merupakan milik China," kata Deplu China. 

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X