PUPR Tawarkan Infrastruktur Awal Ibu Kota Baru
Ibu Kota Negara akan dipindah ke Kalimantan Timur. (Instagram/@jokowi)
News

PUPR Tawarkan Infrastruktur Awal Ibu Kota Baru

Apa saja?

Muhammad Wirawan Kusuma
Kamis, 07 November 2019 00:08 WIB 07 November 2019, 00:08 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menawarkan sejumlah proyek infrastruktur awal untuk Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur. 

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum Perumahan Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan, infrastruktur awal itu terkait sumber daya air, jalan dan jembatan serta perumahan.

"Kemudian pengendalian banjir atau flood management, drainase dan infrastruktur energi yang berbasis bendungan atau dam," ujar Eko di Jakarta, Rabu (6/11).

Eko menambahkan, proyek-proyek infrastruktur awal lainnya yang ditawarkan adalah jembatan dan jalan. Itu terdiri dari jalan tol dan non-tol nasional, fasilitas pejalan kaki, jalur sepeda dan rel kereta api. 

Selain itu perumahan dan hunian turut ditawarkan dalam proyek infrastruktur awal di ibu kota baru. Pada tahap pertama, diperkirakan ada satu setengah juta orang yang bakal tinggal. 

"Baik itu ASN (Aparatur Sipil Negara), keluarganya atau sistem pendukung," pungkasnya.

Proyek-proyek infrastruktur awal di ibu kota baru tersebut diperkirakan menelan biaya sebesar ratusan triliun.

Kabarnya, Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha akan menanggung anggaran Rp253,4 triliun. Kemudian pembiayaan dari swasta sebesar Rp123,2 triliun dan sisanya dari APBN sebesar Rp89,4 triliun. (SN)

Muhammad Wirawan Kusuma
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU