PUPR Tawarkan Infrastruktur Awal Ibu Kota Baru

- Kamis, 7 November 2019 | 00:08 WIB
Ibu Kota Negara akan dipindah ke Kalimantan Timur. (Instagram/@jokowi)
Ibu Kota Negara akan dipindah ke Kalimantan Timur. (Instagram/@jokowi)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menawarkan sejumlah proyek infrastruktur awal untuk Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur. 

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum Perumahan Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan, infrastruktur awal itu terkait sumber daya air, jalan dan jembatan serta perumahan.

"Kemudian pengendalian banjir atau flood management, drainase dan infrastruktur energi yang berbasis bendungan atau dam," ujar Eko di Jakarta, Rabu (6/11).

Eko menambahkan, proyek-proyek infrastruktur awal lainnya yang ditawarkan adalah jembatan dan jalan. Itu terdiri dari jalan tol dan non-tol nasional, fasilitas pejalan kaki, jalur sepeda dan rel kereta api. 

Selain itu perumahan dan hunian turut ditawarkan dalam proyek infrastruktur awal di ibu kota baru. Pada tahap pertama, diperkirakan ada satu setengah juta orang yang bakal tinggal. 

"Baik itu ASN (Aparatur Sipil Negara), keluarganya atau sistem pendukung," pungkasnya.

Proyek-proyek infrastruktur awal di ibu kota baru tersebut diperkirakan menelan biaya sebesar ratusan triliun.

Kabarnya, Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha akan menanggung anggaran Rp253,4 triliun. Kemudian pembiayaan dari swasta sebesar Rp123,2 triliun dan sisanya dari APBN sebesar Rp89,4 triliun. (SN)

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X