Proyek Infrastruktur Yang Digarap di 5 'Bali Baru' Ala Jokowi

- Minggu, 27 Oktober 2019 | 14:01 WIB
Kawasan Wisata Labuan Bajo. (Kemenpar)
Kawasan Wisata Labuan Bajo. (Kemenpar)

Pembangunan infrastruktur pada lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang bakal selesai di  2020.

Paling tidak, anggaran yang dialokasikan pada kelima KSPN tersebut adalah Rp 7,6 triliun pada 2020. Proyek ini, merupakan bagian dari 10 “Bali Baru” yang dikembangkan Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik. 

Sektor pariwisata menjadi sektor andalan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Kementerian PUPR pada 2020 bakal membangun berbagai infrastruktur, seperti  konektivitas, sumber daya air, perumahan dan permukiman demi wajah pariwisata Indonesia.

Berikut proyek-proyek yang bakal dibangun demi mendatangkan wisatawan di 2020.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

-
Keindahan Danau Toba (setkab.go.id)

Di KSPN Danau Toba pembangunan infrastruktur, seperti bidang sumber daya air, lebaran Tano Ponggol dan penyediaan air baku Kawasan Parapat dan pembangunan SPAM Ajibata.

Untuk konektivitas, pembangunan di antaranya peningkatan jalan Lingkar Samosir dan Jalan Standar Panji – Bts. Samosir – Dolok Sanggul. 

Serta permukiman yang dibangun di antaranya adalah penataan Kawasan Parapat dan pembangunan baru Rumah Pariwisata Swadaya dan Rusun Pekerja di Kabupaten Toba Samosir.

2. Borobudur, Jawa Tengah

-
Jokowi di Borobudur (setkab.go.id)

Di KSPN Borobudur, infrastruktur yang dibangun pada 2020, adalah pembangunan prasarana pengendali banjir Kawasan Strategis New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Selain itu, rekonstruksi Jalan Keprekan - Borobudur, pengembangan jaringan perpipaan SPAM dengan potensi outcome sebesar 3.500 sambungan rumah (SR), dan pembangunan baru rumah swadaya pariwisata di Kabupaten Magelang.

3. Mandalika, NTB

-
Wisatawan sedang nikmati Pantai Mandalika. (Kemenpar).

Pada KSPN Lombok ini, akan dilakukan pembangunan penyediaan air baku Bendungan Pengga di Kabupaten Lombok Tengah, pembangunan saluran pengendali banjir di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, pembangunan Jalan Bandara Internasional Lombok (BIL) - Kuta Mandalika.

Selain itu, di tempat penyelenggaraan MotoGP 2021 ini, bakal ada pengembangan ruang terbuka publik dan promenade di pesisir pantai selatan, dan pembangunan baru rumah susun pekerja di Kota Mataram.

4. Labuan Bajo, NTT

-
Keindahan Labuan Bajo. (Kemenpar)

KSPN Labuan Bajo, akan dibangun adalah penyediaan air baku Labuan Bajo, peningkatan jalan Kawasan Pariwisata Waecicu sepanjang 8,25 kilometer, pembangunan jalan akses pelabuhan, penataan Kawasan Pantai Marina - Bukit Pramuka, penataan Kawasan Puncak Waringin, dan pembangunan baru rumah swadaya pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 315 unit.

5. Likupang, Sulawesi Utara

-
Pantai di Kawasan Likupang, Sulawesi Utara. (Kemenpar).

KSPN Manado Bitung-Likupang yang dibangun Kementerian PUPR pada 2020, adalah pembangunan pengendali banjir Sungai Likupang, pembangunan MOR III sepanjang 1,5 kilometer untuk jalan dan 45 meter untuk jembatan, penggantian Jembatan Marinsow sepanjang 13 meter, dan pembangunan baru rumah swadaya pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara sebanyak 300 unit.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X