Foto Burung Pelatuk Ini Bikin Netizen Kesal, Kenapa ya?

- Rabu, 12 Juni 2019 | 11:02 WIB
Twitter/@41Strange
Twitter/@41Strange

Dalam foto yang beredar di media sosial itu, terlihat seekor burung pelatuk yang tengah menyimpan biji-bijian di dalam batang sebuah pohon. Namun, foto itu malah mendapatkan reaksi pertentangan dari netizen. Banyak yang merasa kesal dengan foto tersebut. Mengapa demikian?

Jawabannya ialah, karena bentuk pola dari lubang-lubang tersebut memicu kondisi psikologis yang dinamakan trypophobia. Suatu kondisi dimana seseorang merasa geli atau jijik dengan pola lubang atau benjolan yang berada di permukaan.

Kata seorang psikolog dari Universitas of Essex, Arnold Willkin, alasan kondisi trypophobia pada seseorang sebenarnya tidak bisa diketahui pasti. Namun menurut dia, trypophobia itu sudah ada sejak jaman sebelum ada internet.

"Kita tahu bahwa kondisi ini sudah ada sebelum internet, meskipun mungkin sekarang tampak semakin buruk karena internet," tutur dia.

Dalam sebuah riset yang dipublikasikan di Jurnal Cognition and Emotion 2018, kondisi trypophobia pada seseorang kemungkinan terjadi karena perilaku manusia hasil evolusi untuk menghindari penyakit.

"Sudah diketahui secara luas bahwa rasa jijik membantu kita untuk menghindari penyakit dan patogen menular. Respons yang kita miliki terhadap gambar-gambar berlubang ini sepertinya merupakan respons alami kita untuk menghindari penyakit," kata salah seorang peneliti, Tom Kupfer.
 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X