Startup Goola Milik Gibran Meraih Pendanaan Rp71 Miliar

- Minggu, 18 Agustus 2019 | 13:15 WIB
Gibran Rakabuming memperkenalkan Goola (ANTARA News/Zubi Mahrofi)
Gibran Rakabuming memperkenalkan Goola (ANTARA News/Zubi Mahrofi)

Setelah sukses dengan bisnis katering, kopi, dan restoran "Mangkok Ku". Gibran Rakabuming, Putra sulung Presiden Jokowi, kembali melangkah dengan model bisnis baru. 

Gibran merintis bidang kuliner Goola, yaitu produsen kreasi minuman tradisional Indonesia. Kabar terbaru, Goola mendapatkan pendanaan perdana dari modal ventura Alpha JWC Ventures senilai USD5 juta atau setara dengan Rp71 miliar. 

"Jika minuman manis dari negara lain bisa populer, mengapa minuman lokal kita tidak bisa? Produk kami telah diterima baik oleh pelanggan," ujar Gibran.

Goola, kata ia, tidak hanya mengikuti tren konsumsi minuman manis yang sedang naik daun. Banyak (konsumen) yang bilang, minuman kami membawa kembali kenangan masa kecil dan mengingatkan kembali pada tradisi yang sudah lama terlupa.

Dibuka di mal-mal 

Gibran siap memperkenalkan produk lokal, Goola miliknya dengan membuka outlet di mal-mal pusat kota. Goola menghadirkan 22 minuman unik dengan menggunakan 100 persen bahan Indonesia. 

Gibran Rakabuming bekerjasama dengan dua pengusaha muda yaitu Kevin Susanto dan Benz Budiman untuk membangun Goola.

Goola pertama kali didirikan di Cikini, Jakarta pada 17 Agustus 2018 lalu. Karena bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, Goola pun mengusung tema kemerdekaan minuman lokal.

-
ANTARA/Zubi M

Kevin dan Gibran menargetkan pembukaan 15 gerai di Indonesia pada 2019 dan mencapai 100 gerai pada 2020. Berbekal dana investasi Rp71 miliar itu, berencana berekspansi ke negara lain di Asia Tenggara pada 2019.

Gibran menegaskan, tidak berencana menjadikan bisnis mereka sebagai waralaba (franchise) meskipun ingin menambah jumlah gerai. Alasan penolakan pembukaan waralaba adalah demi menjaga kualitas produk.

"Tujuan utama kami adalah untuk menjadi pencetus kebangkitan minuman nasional Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional," katanya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X