Rekam Jejak Ahmad Riza Patria, Wagub DKI Baru yang Pernah Tersangkut Kasus Korupsi

- Selasa, 7 April 2020 | 11:17 WIB
Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria (ANTARA FOTO/Deka Wira S)
Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria (ANTARA FOTO/Deka Wira S)

Politisi Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam pemilihan rapat paripurna DPRD DKI Jakarta yang digelar Senin (4/6/2020).

Berdasarkan hasil penghitungan suara yang dilakukan Panitia Pemilihan (Panlih), Riza memperoleh sebanyak 81 suara, dan calon lainnya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmasjah Lubis hanya memperoleh 17 suara.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun memberikan ucapan selamat kepada Ahmad Riza Patria.

"Pemilihan penghitungan suara sudah selesai dan terpilih bapak Ahmad Riza Patria, saya mengucapkan selamat dan insya Allah kita bisa kerja sama dengan baik," kata Anies di Jakarta, Senin (6/4/2020).

-
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (ANTARA FOTO/Deka Wira S)

Sementara itu, atas terpilihnya dia mengisi jabatan Wagub DKI yang telah kosong selama beberapa waktu, Ahmad Riza mengucapkan terimakasih kepada Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

"Terima kasih atas dukungan bantuan dukungan dari pimpinan Gerindra, Pak Prabowo dan semua pimpinan partai dan teman-teman," kata Riza di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Riza akan mendampingi Anies Baswedan hingga sisa jabatan tahun 2022 nanti, meski belum diketahui kapan akan dilantik.

Bagaimanakah Rekam Jejak Riza Selama Ini?

Riza diketahui lahir di Banjarmasin pada  17 Desember 1969. Dia merupakan lulusan S1 Teknik Sipil, ISTN angkatan 1989-1997 dan melanjutkan pendidikan S2 Administrasi Bisnis ITB Bandung angkatan 2004-2008.

Dia pernah maju sebagai cawagub Independen DKI Jakarta pada tahun 2012 dan berpasangan dengan Mayor Jenderal TNI Purnawirawan Hendardji Supandji. Sayang, mereka gagal terpilih.

-
Ahmad Riza Patria menjadi pembicara dalam acara "Ngobrol Bareng Cawagub DKI" (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Karir Politik di Senayan

Di Senayan, kiprahnya sebagai wakil rakyat cukup mentereng. Politikus dari Partai Gerindra ini pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dan menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Di periode yang sama, dia menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR RI. Dia juga menjadi Ketua Panja Pertanahan Indonesia DPR RI pada 2014 hingga 2018 dan Wakil Ketua Pansus Undang-Undang Pemilu DPR RI pada 2016 hingga 2017.

Dia kembali terpilih sebagai anggota dewan untuk periode 2019-2024 lewat Partai Gerindra. Namun, dia sudah mengundurkan diri setelah resmi maju sebagai Cawagub DKI Jakarta.

Pada kontestasi Pilpres 2019, Riza adalah salah satu tim pemenangan Prabowo dan Sandiaga. Dia menjabat sebagai Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) yang merupakan timses Prabowo-Sandi. 

Terjun ke Dunia Bisnis

Selain politik, Riza juga merupakan seorang pebisnis. Dia pernah menjabat sebagai Komisaris PT Indoproperti Galaraytama pada tahun 2001-2015.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X