Gladi Resik Pelantikan Joe Biden Minggu Ini Terpaksa Ditunda, Kenapa? 

- Jumat, 15 Januari 2021 | 15:43 WIB
Presiden ter[ilih Joe Biden dan wakil presiden terpilih Kamala Harris. (REUTERS/Tom Brenner)
Presiden ter[ilih Joe Biden dan wakil presiden terpilih Kamala Harris. (REUTERS/Tom Brenner)

Latihan atau gladi resik untuk pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden yang dijadwalkan pada Minggu (17/1/2020) mendatang ditunda karena masalah keamanan. Pengumuman ini dilaporkan Politico pada Kamis (14/1/2020) malam, dengan mengutip dua orang yang mengetahui keputusan tersebut, seperti yang dikutip dari Antara.

Tim Biden juga telah membatalkan perjalanan menggunakan kereta Amtrak dari Wilmington ke Washington yang direncanakan pada Senin (18/1/2020) karena meningkatnya masalah keamanan, tambah laporan itu. Biden sendiri akan dilantik pada Rabu, 20 Januari.

Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) Christopher Wray mengatakan sebelumnya bahwa FBI sedang mencari orang-orang yang dicurigai dapat mengancam keselamatan selama pelantikan.

Pelantikan presiden AS secara umum menarik ratusan ribu pengunjung ke Washington, tetapi peserta upacara pelantikan Biden tersebut telah dikurangi secara dramatis karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hadapi Isu Rusuh di Pelantikan Biden, Pence Janjikan Kondisi Aman dan Tertib

Biden meminta calon wakil jaksa agung dan mantan penasihat kontra terorisme Presiden Barack Obama, Lisa Monaco, untuk melayani sebagai penasihat keamanan dalam negeri sementara menjelang pelantikan pekan depan.

Para pejabat telah memperingatkan tentang rencana aksi protes bersenjata di Washington dan semua 50 negara bagian lain di AS, dan kelompok aktivis khawatir tentang potensi kekerasan yang mungkin terjadi.

Peringatan itu menyusul serangan, yang terjadi pekan lalu di Gedung Capitol AS oleh para pendukung Presiden Donald Trump, yang menewaskan lima orang.

Panitia pelantikan presiden AS menolak mengomentari laporan tersebut. Acara gladi resik pelantikan itu sekarang dijadwalkan pada Senin (18/1/2020) mendatang, menurut laporan Politico.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X