Inilah Jenjang Pangkat Polisi Republik Indonesia dari Terendah Hingga Tertinggi

- Rabu, 27 Januari 2021 | 14:38 WIB
Pangkat Polisi (Photo/antaranews)
Pangkat Polisi (Photo/antaranews)

Kepolisian Republik Indonesia memiliki jajaran pangkat polisi dari terendah hingga tertinggi. Tingkatan pangkat polisi ini dikenal sebagai tanda kepangkatan Polri.

Tanda kepangkatan Polri telah dipisahkan dari TNI sejak 1 Januari 2001. Simbol bintang, bunga, balok dan segitiga menjadi tanda kepangkatan yang dipakai oleh para anggota Polri.

Seperti yang diketahui, Presiden Jokowi telah melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Kapolri baru. 

Mau tahu bagaimana perjalanan panjang anggota Polri bisa sampai menjadi Kapolri? Simak ulasan pangkat Polri yang akan Indozone bagikan di bawah ini.

Jajaran Pangkat Kepolisian

Urutan pangkat polisi yang terendah dimulai dari jenjang Tamtama, Bintara, Bintara Tinggi, Perwira Pertama, Perwira Menengah dan Perwira Tinggi.

Berikut Indozone rangkum deretan pangkat polisi dari yang terendah hingga tertingga beserta simbol pangkat yang digunakannya.

TAMTAMA

-
Photo/polri.go.id

Tamtama merupakan pangkat polisi paling rendah. Biasanya pangkat ini disandang oleh lulusan sekolah kepolisian atau mereka yang baru masuk di jajaran kepolisian. Terdapat enam jabatan yang tergolong sebagai Tamtama. 

Bhayangkara Dua (BHARADA)

Bhayangkara Dua merupakan Tamtama tingkat satu Polri, yang menggunakan lambang kepangkatan satu buah garis miring berwarna merah.

Bhayangkara Satu (BHARADATU)

Bhayangkara Satu juga merupakan Tamtama tingkat satu Polri, namun menggunakan lambang kepangkatan dua buah garis miring berwarna merah.

Bhayangkara Kepala (BHARAKA)

Bhayangkara Kepala adalah Tamtama tingkat satu Polri dan menggunakan lambang kepangkatan tiga buah garis miring berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi Dua (ABRIPDA)

Ajun Brigadir Polisi Dua masih tergolong Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi Satu (ABRIPTU)

Ajun Brigadir Polisi Satu adalah Tamtama tingkat satu Polri dengan tanda kepangkatan dua buah segitiga berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi (ABRIP)

Ajun Brigadir Polisi juga merupakan Tamtama tingkat satu Polri. ABRIP menggunakan tanda kepangkatan berupa tiga buah segitiga berwarna merah.

BINTARA

-
Photo/polri.go.id

Pangkat polisi selanjutnya setelah Tamtama adalah Bintara. Bintara terdiri atas empat jabatan yang ada di bawah ini.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X