Staf Kedubes Jerman yang Datangi Markas FPI Dipulangkan ke Negaranya

- Senin, 21 Desember 2020 | 19:39 WIB
Kedutaan Besar Jerman di Indonesia. (Istimewa).
Kedutaan Besar Jerman di Indonesia. (Istimewa).

Setelah heboh terkait kabar bila salah satu staf Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman mengunjungi markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan Jakarta Pusat, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) meminta klarifikasi dan melayangkan protes kepada Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman di Indonesia. 

"Kementerian Luar Negeri telah memanggil Kepala Perwakilan Kedutaan Jerman di Jakarta untuk meminta klarifikasi dan menyampaikan protes atas kegiatan Staf Kedutaan Jerman di Jakarta yang mendatangi sebuah organisasi di Petamburan beberapa hari yang lalu," ucap Kemenlu dalam keterangan resminya, Senin (21/12/2020).

Dalam penyampaiannya, pihak Kedubes Jerman sempat meminta maaf dan menyesali akan kejadian tersebut. Pihak kedubes juga menyebutkan bila kunjungan staf diplomatik atas dasar keinginan sendiri.

Baca Juga: Video Nenek 71 Tahun Terombang-ambing di Laut Maluku Utara, Begini Nasibnya

"Kepala Perwakilan  Kedubes Jerman menyampaikan bahwa keberadaan staf Kedubes Jerman di tempat tersebut dan pertemuan yang dilakukan adalah atas inisiatif pribadi tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman," terangnya.

Perwakilan Kedubes Jerman tersebut juga menjelaskan bila saat ini sosok staf tersebut sudah dimintai tanggung jawabnya dan kembali ke Jerman.

"Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut  telah diminta kembali segera untuk mempertanggung-jawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya," terang Kemenlu dalam rilisnya.

Seperti diketahui sebelumnya, kabar kedatangan salah satu staf Kedubes Jerman tersebut diinformasikan oleh Sekretaris Umum FPI, Munarman.

Munarman pun menyampaikan kalau kedatangan staf Kedubes Jerman tersebut bertujuan untuk menyampaikan belasungkawa terhadap tewasnya 6 orang anggota FPI di Tol Cikampek belum lama ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X