Penting! 5 Tips Mencegah Tabung Gas Meledak

- Rabu, 2 September 2020 | 14:30 WIB
Ilustrasi kebakaran. (freepik/azerbaijan_stockers)
Ilustrasi kebakaran. (freepik/azerbaijan_stockers)

Banyaknya kasus kebakaran di rumah terjadi akibat bocornya tabung gas. Kebocoran tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yakni pemasangan menuju regulator yang tak dilakukan dengan baik.

Karenanya penting bagi kamu untuk mengetahui tips mencegah tabung gas meledak, apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Gunakan Alat SNI

-
Ilustrasi alat SNI. (freepik)

 

Satu set kompor gas terdiri dari kompor, regulator, selang tabung dan tabung gas. Sebelum kamu menggunakan kompor gas, pastikan semua peralatan tersebut sudah sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan kecelakaan akibat kualitas alat.

2. Pastikan Semua Terpasang dengan Baik

-
Ilustrasi alat yang terpasang baik. (freepik/valeria_aksakova)

 

Meski semua alat sudah ber-SNI, bukan semerta-merta kamu terbebas dari kemungkinan kecelakaan pada kompor gas. Kamu harus memastikan semua alat terpasang dengan baik dan erat, terutama pada regulator gas. Pastikan tidak ada suara mendesis setelah regulator terpasang.

3. Perhatikan Ventilasi Dapur

-
Ilustrasi dapur dengan ventilasi yang baik. (freepik/kjpargeter)

 

Tidak hanya pada peralatan kompor gas, kamu juga harus memperhatikan ventilasi dapur atau ruangan tempat kamu memasak. Pastikan ventilasi dapat membawa keluar gas dari ruangan dan tidak bercampur dengan udara dapur yang dapat memicu ledakan akibat suhu terlalu panas.

4. Perhatikan Letak Tabung Gas

-
Ilustrasi kompor menyala. (Pixabay)

 

Perhatikan juga tempat kamu meletakan tabung gas, jauhkan tabung gas dari sumber panas. Selain itu, jangan letakan tabung sejajar dengan kompor. Letakan tabung sedikit lebih jauh dari kompor agar tidak terpapar api yang bisa menstimulasi ledakan.

5. Selalu Kontrol Peralatan

-
Ilustrasi mengontrol peralatan. (freepik)

 

Meski sudah aman untuk digunakan, kamu tetap harus melakukan pengecekan secara berkala terhadap semua peralatan. Alat bisa mengalami kerusakan seiring waktu, jika sudah terjadi kerusakan maka kamu harus segera melakukan penggantian dengan alat baru.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X