Optimalisasi Arus Balik Mudik Idul Adha, Ini Imbauan Jasa Marga

- Minggu, 2 Agustus 2020 | 17:35 WIB
Kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek pada 21 Mei 2020. (ANTARA/Nova Wahyudi)
Kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek pada 21 Mei 2020. (ANTARA/Nova Wahyudi)

PT Jasa Marga (persero) Tbk memprediksi puncak arus balik libur Idul Adha 1441 H terjadi pada Minggu (2/8/2020) malam hingga Senin (3/8/2020) dini hari. Untuk menghindari potensi kepadatan, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memaksimalkan persiapan sebelum memulai perjalanan.

Lonjakan arus balik libur Idul Adha 1441 H berpotensi terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Hal ini karena jalan tol tersebut merupakan akses utama pengguna jalan dari arah Timur, yaitu dari Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan yang saat ini masih berada di luar Jakarta, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, untuk dapat memulai perjalanan kembali ke Jakarta lebih awal atau setelah hari Minggu," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati, Minggu (2/8/2020).

"Dikhawatirkan bila bepergian secara bersamaan dan menunda-nunda perjalanan di hari ini, maka Minggu (2/8/2020) malam akan terjadi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang bisa mengakibatkan antrian sangat panjang,” lanjutnya.

Mereka juga mengimbau kepada pengguna jalan agar memaksimalkan persiapan sebelum bepergian kembali ke Jakarta. Persiapan yang dimaksud mencakup memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan kecukupan BBM kendaraan.

“Mengingat ada potensi kepadatan di SPBU di rest area pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kami mengimbau pengguna jalan untuk mengisi BBM kendaraannya terlebih dahulu sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ujarnya.

Sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa menuju Jakarta dapat mengisi BBM di Rest Area Km 208B Jalan Tol Palikanci. Sementara itu, pengguna jalan dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi menuju Jakarta bisa mengisi BBM di Rest Area Km 88 atau Km 72B Jalan Tol Cipularang.

Jasa Marga bersama pihak-pihak terkait telah menyiapkan sejumlah skenario dalam mengatasi potensi kepadatan lalin di Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat arus balik Idul Adha 1441 H yang diprediksi memasuki puncaknya pada Minggu (2/8/2020) malam.

Pertama, mereka akan menjaga layanan dalam kondisi prima dan optimal sesuai kebutuhan gerbang tol. Untuk transaksi, kami akan membuka seluruh gardu di GT Cikampek Utama. 

Kedua, untuk mengatasi gangguan arus lalin, seperti kendaraan mogok atau pecah ban, mereka menyiagakan kendaraan layanan mobile customer service dan derek untuk stand by di titik-titik rawan. 

Ketiga, mereka akan mengatur buka-tutup rest area bila diperlukan akibat membludaknya kendaraan yang ingin memasuki rest area sehingga mengganggu arus lalin di jalan tol.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X