The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hubungan Jack Ma dan China Meruncing, Perusahaan Alibaba Didenda Rp40,6 Triliun
Jack Ma, pendiri Alibaba Group (REUTERS/Yuya Shino)
News

Hubungan Jack Ma dan China Meruncing, Perusahaan Alibaba Didenda Rp40,6 Triliun

Minggu, 11 April 2021 10:37 WIB 11 April 2021, 10:37 WIB

INDOZONE.ID - Perusahaan milik Jack Ma, Alibaba, dikenakan denda US$2,75 miliar atau setara Rp40,6 triliun oleh pemerintah China.

Nilai denda ini bahkan setara 4% total pendapatan Alibaba di tahun 2019. Pemerintah menjatuhkan denda dengan alasan Alibaba telah menyalahgunakan dominasi pasar dan melakukan monopoli.

Sejak Jack Ma melontarkan kritikan terhadap pemerintah China, Alibaba langsung diselidiki dengan dasar praktik monopoli.

Regulator State Administration for Market Regulation (SAMR) menemukan bahwa Alibaba memaksa pedagang agar menjual produk mereka di Alibaba, sehingga menghalangi kompetitor lain.

SAMR menyatakan kebijakan tersebut menyebabkan persaingan tidak sehat di dunia ecommerce China. Praktek ini juga melanggar hak bisnis pedagang.

Dengan adanya monopoli ini, Alibaba disebut mendapatkan dominasi pasar dan mendapat keuntungan dari persaingan yang tidak sehat.

Alibaba sendiri tidak melawan denda tersebut. Mereka akan membayar hukuman dan menjalankan segala keputusan SAMR.

Alibaba juga berjanji akan melakukan investigasi demi perbaikan internal perusahaan.

"Alibaba tidak akan mencapai pertumbuhaan saat ini tanpa mematuhi aturan pemerintah, serta menerima kritik, toleransi, serta dukungan dari berbagai konstutsi yang memiliki peran penting terhadap perkembangan kami," tulis Alibaba dalam keterangan resmi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US